Image

Tips Fresh Graduate Belajar Profesional di Dunia Kerja

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017, 09:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 16 65 1692497 tips-fresh-graduate-belajar-profesional-di-dunia-kerja-r9IqZvqoDU.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Setelah lulus, fresh graduate akan memasuki masa transisi untuk menghadapi dunia kerja. Mereka akan banyak menemui hal baru, seperti profesionalitas di dunia kerja.

Bagi yang belum pernah merasakan pengalaman kerja atau magang, adaptasi masa transisi ini tidaklah mudah. Untuk itu, dilansir dari Top Universities, berikut ini beberapa tips agar dapat bertahan dalam masa transisi tersebut.

1. Beda generasi adalah hal yang wajar

Jika di kampus teman-temanmu adalah dari generasi yang sama, maka saat kerja kamu akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai angkatan. Oleh sebab itu, langkah pertama yang patut disadari, yakni perbedaan level usia tersebut. Hati-hati dalam berkomunikasi, jangan sampai kamu tak sopan. Kemudian hormati dan hargai rekan yang lebih senior, dan peka terhadap lingkungan sekitar.

2. Adaptasi pada rutinitas baru

Ketika bekerja kamu akan menghabiskan waktu selama delapan sampai sembilan jam di kantor. Rutinitas tersebut harus kamu biasakan. Tetap jaga kesehatan sehingga jangan sampai karena sibuk menjadi lupa makan atau olahraga. Manfaatkan waktu akhir pekan untuk beristirahat atau menghibur diri.

3. Mengatur keuangan

Setelah mendapat gaji, tentu fresh graduate ingin melakukan hal yang sebelumnya tak bisa dilakukan selama kuliah lantaran terbentur keuangan yang pas-pasan. Namun, perlu diingat bahwa jangan sampai kamu tak merencanakan keuangan dengan baik. Selalu monitor pengeluaranmu dengan cara hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

4. Tanggung jawab

Sama seperti antusias ketika berburu kerja, sudah saatnya kamu mencari tantangan baru di lingkungan kerja. Dengan begitu, kamu memiliki tanggung jawab baru yang bisa membuatmu lebih antusias dan semangat masuk dunia baru.

5. Sabar atas tahapan karier

Generasi muda sering tak sabar untuk meraih jenjang karier profesional yang diinginkannya. Padahal, untuk mewujudkan itu butuh proses yang harus dilalui. Jadilah karyawan yang efektif dengan tidak melewatkan kesempatan yang ada, dan terus menambah skill yang dimiliki.

6. Siapkan rencana cadangan

Ingat bahwa belum tentu pekerjaan pertama menjadi yang terakhir dalam kariermu. Untuk itu, kamu harus punya rencana cadangan terkait apa yang akan dilakukan di masa mendatang. Pastikan skill yang kamu miliki bisa bersaing dengan pekerja lain. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini