Image

Jangan Heran, Go-kart Ini Bisa Lari 0-98 Km/Jam dalam 1,5 Detik

Anton Suhartono, Jurnalis · Kamis, 18 Mei 2017 - 07:11 WIB
Go-kart C5-Blast Ultimate tercepat di dunia (Daymak) Go-kart C5-Blast Ultimate tercepat di dunia (Daymak)

TORONTO - Perusahaan asal Kanada, Daymak, membuat mobil go-kart bertenaga listrik. Bukan sekadar ramah lingkungan, kendaraan yang diberi nama C5-Blast Ultimate ini juga digelari sebagai go-kart tercepat di dunia karena bisa berakselerasi dari 0-96 kilometer per jam dalam waktu hanya 1,5 detik.

Rahasia cepat C5-Blast Ultimate ada di perpaduan antara motor listrik bertenaga besar serta penggunaan kipas yang membantu mengangkat kendaraan sehingga membantu mengurangi bobotnya.

"Motor EDF (electric ducted fan) membantu mengurangi bobot go-kart dan membuatnya seperti kendaraan yang sangat ringan dan cepat,” demikian pernyataan perusahaan, seperti dikutip dari MailOnline.

Presiden Daymak Aldo Baiocchi mengatakan, pihaknya bahkan bisa membuat C5-Blast Ultimate lebih ringan dan cepat lagi seperti kendaraan yang melayang di film Star Wars. Namun bicara soal kendaraan melayang, harus ditambahkan sayap agar lajunya terkendali.

"Kecepatan bukan masalah besar dan kami pikir kami bisa membuatnya melaju dari 0-96 km/jam di bawah 1 detik, menjadikannya sebagai kendaraan tercepat dari yang pernah ada," kata Baiocchi.

C5-Blast Ultimate mengandalkan motor listrik 10 kW dengan baterai 2.400 watt litihum-ion. Selain itu, ada pula empat motor EDF di bodi yang membantu memberikan daya dorong setara 60 kg. Belum cukup, ada tambahan delapan EDF lagi yang memberikan dorongan ke atas setara 96 kg. Artinya, ketika melaju berat go-kart yang sebenarnya 200 kg, seperti hanya 100 kg saja.

Daymak menyebut bahwa teknologi ini masih dalam pengembangan. Catatan waktu akselerasi 1,5 detik itu bukan angka final.

Perusahaan akan memasarkan dua versi go-kart dengan harga berbeda. Model standar yang tidak dilengkapi dengan EDF (akselerasi 0-96 km/jam 3,9 detik) dibanderol USD9.999 atau sekira Rp133 juta. Sedangkan tipe Ultimate akan dijual USD59.999 Rp797 juta.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming