Image

Tak Ingin Nganggur Setelah Lulus? Ini Lho Tipsnya

Susi Fatimah, Jurnalis · Kamis, 18 Mei 2017 - 06:20 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock

JAKARTA - Setelah lulus kuliah, tentunya kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan. Namun persaingan mencari kerja saat ini semakin ketat.

Ternyata mencari kerja ada triknya, lho. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan supaya cepat mencapat kerja, dilansir dari Business Insider.

1. Jangan cepat putus asa

Biasanya fresh graduate akan melamar ke berbagai perusahaan. Di sisi lain, setiap perusahaan menerima ratusan lamaran, dan harus menyeleksinya. Oleh sebab itu, jangan menyerah jika kamu gagal di beberapa wawancara.

2. Mengasah keterampilan wawancara

Asah terus kemampuan wawancara dengan cara membaca berbagai panduan atau tips. Sebelum datang ke wawancara kerja, pelajari dahulu latar belakang perusahaan dan cari tahu kandidat seperti apa yang membuat mereka tertarik.

3. Berkomunikasi secara efektif

Memiliki IPK bagus dan berbagai pengalaman akan sia-sia jika kamu tak bisa berkomunikasi dengan baik. Meski dalam wawancara kamu harus menggunakan bahasa formal, namun jangan terlalu terlihat kaku di depan pewawancara.

4. Mulai cari kerja secepatnya

Jangan menunda dalam mencari pekerjaan setelah lulus. Untuk itu, buat rencana karier sejak masih kuliah sehingga ketika lulus, kamu tak bingung lagi dalam menentukan pekerjaan yang akan dilamar.

5. Jangan bergantung pada gelar yang dimiliki

Dibandingkan hanya mengandalkan kemampuan akademis, perusahaan akan lebih memilih calon karyawan yang sudah punya pengalaman di bidang terkait. Jadi jangan bangga dulu jika kamu punya segudang prestasi karena belum tentu menjamin.

6. Maksimalkan tahun terakhir kuliah

Manfaatkan pusat pengembangan karier di kampus. Kamu bisa mulai mencari tahu dari sebelum lulus. Perkuat jaringan dengan alumni di tahun terakhir kuliah.

7. Jaga sopan santun dan perilaku

Terakhir, kandidat harus menjaga sopan santu dan perilaku, terutama ketika menjalani wawancara kerja. Misalnya, jangan lupa berterima kasih begitu wawancara berakhir.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming