Image

DPR Akan Undang TNI untuk Jelaskan Insiden di Natuna

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis, 18 Mei 2017 - 21:31 WIB
Prosesi Pemakaman Prajurit TNI yang Tewas Akibat Insiden Kecelakaan Senjata di Natuna (Foto: Antara) Prosesi Pemakaman Prajurit TNI yang Tewas Akibat Insiden Kecelakaan Senjata di Natuna (Foto: Antara)

JAKARTA - Sebanyak empat orang prajurit TNI tewas karena kecelakaan senjata dalam gladi bersih Pasukan Reaksi Cepat (PPRC) di Tanjung Datuk, Natuna, Kepulauan Riau meledak, Rabu 17 Mei 2017.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Gerindra Elnino Husein Mohi meminta TNI untuk memberikan penjelasan resmi dan detail mengenai kejadian ini. "Perlu segera diklarifikasi mengenai proses pembelian Alutsista serta sistem quality control yang dijalankan oleh TNI," ujar Elnino di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Elnino menjelaskan, peristiwa ini jangan sampai menurunkan wibawa TNI di mata nasional bahkan internasional. Guna mendapatkan penjelasan detail, Komisi I, lanjut Elnino akan mengundang Mabes TNI dan Kementerian Pertahanan dalam rapat dengan Komisi I.

"Komisi I DPR RI perlu mengundang pihak Mabes TNI dan Kemenhan untuk memperoleh penjelasan yang detail dan reliabel," kata Elnino.

Ia menambahkan, penanganan terhadap korban yang mengalami luka mesti segera ditangani dengan baik. "Sedangkan yang meninggal dunia mesti dikembalikan kepada keluarga dengan permintaan maaf kepada pihak keluarga dan pemberian penghargaan yang pantas kepada almarhum," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, selain menewaskan empat prajurit, sejumlah prajurit TNI lainnya juga mengalami luka-luka dan dilarikan ke RSUD Natuna untuk mendapatkan perawatan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming