Image

Inovasi ala Mahasiswa dari Belimbing Island hingga ATM Sehat

Foto: stylecrase

Foto: stylecrase

DEPOK - Mengisi waktu kuliah tak cukup hanya dengan mengikuti perkuliahan di kelas, namun juga bisa dilakukan dengan berinovasi, menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang.

Hal itulah yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI). Dari sekian banyak inovasi yang dilakukan, ada empat inovasi yang cukup menarik dan sudah dikembangkan.

Seperti Belimbing Island dan ATM Sehat merupakan dua dari puluhan inovasi yang dilahirkan Direktorat Inovasi dan Inkubasi Bisnis UI.

Belimbing Island yaitu inovasi pemanfaatan buah belimbing untuk berbagai produk makanan dan kosmetik. Saat ini inovasi tersebut sudah masuk tahap produksi massal.

"Pabriknya ada di Pekapuran Tapos Depok. Siap sudah masuk pasar bebas," kata Direktur Inovasi dan Inkubasi Bisnis (DIIB) Universitas Indonesia, Dr Taufiq Wisnu Priambodo seperti dilansir dari Antara, Sabtu (20/5/2017).

Sementara ATM Sehat atau Anjungan Telehealth Masyarakat Sehat yang dikembangkan tiga mahasiswa UI, yakni Sigit Mohammad, Budhi Mulyadi dan Ahmad Zaki masih menunggu untuk produksi massal oleh PT Telehealth Indonesia.

Menurut Taufiq, aplikasi ATM Sehat yang mempermudah masyarakat mengetahui kondisi kesehatan dan mencari solusi masalah kesehatan akan mendapat hibah Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Kemristekdikti.

ATM Sehat diprediksi akan menjadi aplikasi yang menarik bagi masyarakat setelah meraih juara pertama Lomba Inovasi Universitas Indonesia tahun 2017. Juga menyabet sejumlah penghargaan yakni Finalis Lomba Inovasi Kemristekdikti tahun 2017 dan Penghargaan Tanoto Foundation Student Research Award tahun 2017. ATM Sehat juga sudah terdaftarkan hak patennya di Kementerian Hukum dan HAM RI.

Wakil Rektor III Bidang Riset dan Inovasi Universitas Indonesia, Prof Dr rer. nat. Rosari Saleh berharap jejaring pengembangan riset dan inovasi UI makin berkembang luas baik di tingkat nasional maupun internasional untuk memperkuat kualitas perguruan tinggi.

"Saat ini kita dituntut untuk terus memperbanyak inovasi yang berguna untuk masyarakat sehingga pengelolaan pendidikan dan riset sebagai ciri universitas generasi ketiga bisa lebih terlihat nyata," ujar Rosari.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x