Image

Motor Listrik Viar Muncul Lebih Dulu, Produsen Skuter GESITS Justru Senang

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at, 19 Mei 2017 - 08:24 WIB
Motor listrik GESITS (Okezone) Motor listrik GESITS (Okezone)

JAKARTA - Skuter listrik Viar belum lama ini diperkenalkan di Indonesia. Selain produk skuter hasil garapan Viar dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu, ada juga GESITS, skuter listrik hasil kerja sama Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Namun Garansindo belum merilis versi produksi dari GESITS, sementara Viar sudah membuka pemesanan. Padahal Garansindo lebih dulu menunjukkan GESITS ke khalayak meski masih dalam wujud produk konsep.

Terkait hal ini CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah merasa tidak didahului oleh kehadiran Viar. Bahkan ia merasa senang.

"Jujur kalau saya melihatnya senang. Kenapa, saya enggak perlu komentar itu barang bagus atau tidak bagus itu masing-masing punya pendapat. Saya enggak punya hak untuk itu. Tapi satu semangat yang dibawa, yaitu GESITS telah berhasil membangunkan semangat (produsen) yang lain," ujar pria yang akrab disapa Memet itu di Jakarta, kemarin.

Diharapkannya ke depan akan semakin banyak lagi produsen-produsen lokal yang menghadirkan sepeda motor listrik.

"Kalau merek-merek yang sudah lama berbagai macam alasan, justru dengan adanya Viar ini saya senang, apalagi kalau bisa merangsang GESITS-GESITS lain. Artinya ada pemain-pemain lokal yang bisa produksi di sini. Kan impian saya untuk memicu terjadinya produk automotif lokal, itu yang saya ingin," tambahnya.

Menurut dia, saat ini Indonesia masuk dalam tiga besar negara dengan penjualan sepeda motor terbesar di dunia. Sangat disayangkan tidak mempunyai produk lokal. Walaupun jika nantinya gagal tapi dengan adanya satu atau lebih produk bisa memicu timbulnya produsen-produsen baru yang coba mengembangkan produk.

"Enggak masuk akal Indonesia sebagai pasar motor ketiga enggak punya merek lokal. Mau gagal satu tapi tumbuh seribu, mau itu Esemka kek Mobnas, banyakin lebih bagus. Contoh GESITS timbul, Viar timbul, jadi ini respons positif. Kita melihat, sambil edukasi awarness-nya juga keluar," pungkas dia. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming