Image

Skuter Listrik Viar Sudah Hadir, GESITS Kapan?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at, 19 Mei 2017 - 21:34 WIB
Motor Listrik Gesits (Okezone) Motor Listrik Gesits (Okezone)

JAKARTA - Viar baru saja memperkenalkan skuter listrik Q1 yang merupakan hasil kerjasama Viar dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Sementara itu, Garansindo juga memiliki skuter listrik yang diberi nama GESITS. Skuter ini merupakan hasil kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sampai saat ini, GESITS masih dalam proses pengembangan. Rencananya, peluncuran akan dilakukan pada akhir tahun ini, sedangkan pemasarannya mulai tahun depan.  

"GESITS? On progress, cuma kami nyelam dulu agak silent. Mudah-mudahan semua sesuai target, mungkin habis Lebaran kami akan kasih tahu, di mana pabriknya dan lainnya. Tetap kami akan luncurkan di akhir tahun ini. Kami baru akan lepas ke pasar 2018 sesuai jadwal. Mudah-mudahan semester dua sudah fix protipe dan versi produksinya baru kami buka pemesanan," ujar CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah, di Jakarta, kemarin.

Terkait kemunculan Viar Q1, pria yang akrab disapa Memet itu mengaku senang. Dengan begitu, ke depannya akan banyak motor serupa dari berbagai brand, terutama produk lokal.

"Jujur kalau saya melihatnya senang. Kenapa, saya enggak perlu komentar itu barang bagus atau tidak bagus itu masing-masing punya pendapat. Saya enggak punya hak untuk itu. Tapi satu semangat yang dibawa, yaitu GESITS telah berhasil membangunkan semangat (produsen) yang lain," katanya.

Skuter listrik GESITS dibekali motor listrik berdaya 5 kw dan baterai 5 kwh yang memungkinkan motor melaju hingga kecepatan 100 kilometer per jam. Dengan pola berkendara di kecepatan 60-80 kilometer per jam, skuter ini mampu menjelajah hingga jarak 100 kilometer untuk sekali isi ulang baterai.

Viar Q1 dalam bentuk konsep pernah dipamerkan tahun lalu di ajang Pekan Raya Jakarta. Skuter ini dibekali baterai lithium ion 60v20AH dengan daya maksimal 2 kwh. Daya jangkaunya mencapai 70 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming