Image

Berdialog Melalui Telefon, Putin dan Macron Tekankan Pentingnya Kerjasama

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at, 19 Mei 2017 - 05:09 WIB
Foto Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: AP/AFP) Foto Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: AP/AFP)

PARIS – Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis yang baru Emmanuel Macron untuk pertama kalinya mengadakan dialog. Pada sambungan telefon itu kedua kepala negara tekankan pentingnya kerjasama antara Rusia-Prancis.

Pada masa pilpres Prancis, hubungan Macron dan Putin dipandang tidak terlalu baik. Mengingat Rusia yang cenderung memihak pesaing Macron, Marine Le Pen, hingga munculnya tudingan kepada Moskow yang diduga terlibat dalam peretasan yang menargetkan tim kampanye sang Presiden Prancis termuda tersebut.

Namun melalui sambungan telefon, hubungan antara Putin dan Macron tampaknya mulai membaik. “Telah disepakati untuk bekerja sama di sepanjang jalur internasional dan regional yang penting, termasuk usaha melawan terorisme,” tulis Biro Pers Kremlin, terkait percakapan antara Putin dan Macron, sebagaimana dikutip dari Tass, Jumat (19/5/2017).

Selain masalah terorisme, kedua pemimpin negara itu juga sepakat bekerjasama untuk mengakhiri konflik bersenjata yang telah membayangi Ukraina bagian timur selama tiga tahun.

“Kesiapan keduanya diungkapkan untuk mengembangkan hubungan persahabatan tradisional Rusia-Prancis di politik, perdagangan, ekonomi, budaya serta kemanusiaan dan di bidang lainnya,” tambah Biro Pers Kremlin.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming