Image

Tim Kampanye Raisi Keluhkan Sejumlah Pelanggaran di Pilpres Iran

Foto Ebrahim Raisi memberikan suaranya di Pilpres Iran (Foto: EPA)

Foto Ebrahim Raisi memberikan suaranya di Pilpres Iran (Foto: EPA)

TEHERAN – Tim kampanye Ebrahim Raisi mengeluhkan terjadinya sejumlah pelanggaran dalam proses pilpres Iran. Para pendukung ulama garis keras tersebut menuntut campur tangan otoritas Iran terkait pelanggaran tersebut.

Sebagaimana dikutip dari The New Arab, Sabtu (20/5/2017) keluhan yang disampaikan sebelum proses pemungutan suara berakhir itu disampaikan pimpinan tim kampanye Raisi, Ali Nikzad. Ia mengklaim, terdapat tindakan propaganda yang dilakukan oleh para pejabat dan pendukung pemerintahan demi membantu Presiden Hassan Rouhani kembali terpilih.

“Pelanggaran semacam itu merupakan tindakan tak bermoral yang melanggar hak-hak rakyat,” ujar Nikzad. Memang bila mengacu terhadap peraturan komisi pemilihan umum Iran, tidak boleh lagi ada usaha untuk mempengaruhi para pemilih setelah proses kampanye berakhir tepat 24 jam sebelum pemungutan suara dimulai.

Tim kampanye Raisi lainnya mengklaim, sejauh ini sudah ada 219 pelanggaran terkait pilpes Iran. Mereka juga mengeluhkan terdapat kekurangan surat suara di wilayah para pendukung Raisi, termasuk di wilayah Kota Mashhad yang menjadi  rumah ulama garis keras tersebut.

Nantinya hasil dari pilpres tersebut akan divalidasi oleh Dewan Wali Iran yang bertugas sebagai pengawas pemilu. Sekadar informasi, Dewan Wali Iran berisi 12 orang yang ditunjuk untuk menafsirkan konstitusi Iran hingga menjadi pengawas proses pemilu di Teheran.

(emj)
TAG : Anggaran
Live Streaming
Logo
breaking news x