Image

Militan Pakistan Tembak Mati Tiga Pekerja Proyek Jalur Sutra China

Emirald Julio, Jurnalis · Sabtu, 20 Mei 2017 - 06:30 WIB
Foto ilustrasi militan (Foto: Istimewa) Foto ilustrasi militan (Foto: Istimewa)

GWADAR – Kelompok militan di Pakistan dilaporkan menembak mati tiga pekerja konstruksi jalan raya yang dibiayai China. Jalan raya tersebut merupakan salah satu proyek “Jalur Sutra” China.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Sabtu (20/5/2017) pejabat setempat, Sarman Saleem mengatakan bahwa para korban yang tewas pada Jumat 19 Mei 2017 itu merupakan para pekerja yang tergabung dalam tim pembangunan jalan raya yang menghubungkan Kota Gwadar dengan Quetta.

“Satu pekerja tewas di tempat dan dua lainnya mengembuskan napas terakhir di rumah sakit,” tutur Saleem. Otoritas keamanan di Baluchistan mengatakan, para korban ditembak ketika akan menuju pasar di Kota Hoshab untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas penembakan tersebut. Namun serangan serupa pernah terjadi di Baluchistan yang dilancarkan oleh kelompok militan separatis Baluch Liberation Army yang memandang proyek konstruksi Jalur Sutra tersebut merupakan tipu muslihat semata demi mengambil alih tanah mereka.

Pelabuhan di Kota Gwadar merupakan titik keluar untuk rute dari wilayah Xinjiang, China, menuju Laut Arab. Jalan raya Jalur Sutra tersebut diperkirakan akan mulai berfungsi pada Juni 2018. Jalan raya itu merupakan bagian dari Koridor Ekonomi China Pakistan dan menjadi elemen dari jaringan Jalur Sutra modern yang menghubungkan Asia dengan Eropa dan Afrika.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming