Image

Hadiri Festival Film Cannes, Gaun Menteri Israel Tuai Kontroversi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu, 20 Mei 2017 - 15:14 WIB
Miri Regev mengenakan gaun kontroversial saat menghadiri Festival Film Cannes. (Foto: AFP) Miri Regev mengenakan gaun kontroversial saat menghadiri Festival Film Cannes. (Foto: AFP)

CANNES – Menteri Budaya dan Olahraga Israel, Mini Regev menjadi perhatian setelah mengenakan busana kontroversial yang dikenakannya saat menghadiri Festival Film Cannes. Di acara prestisius itu, Miri berdandan dengan elegan, tidak ada yang terlihat aneh kecuali bagian bawah gaunnya yang bergambar pemandangan horizon Kota Lama Yerusalem.

Gaun yang didesain untuk memperingati 50 tahun pembebasan dan unifikasi itu memicu kontroversi karena dunia internasional memandang Yerusalem saat ini berada dalam penjajahan Israel. Pengguna media sosial pun dengan cepat memodifikasi lukisan dalam gaun itu menjadi lukisan lain.

Diwartakan Russia Today, Sabtu (20/5/2017), pengguna Twitter Shaima Al Tair mengubah lukisan tersebut menjadi cipratan darah. Sedangkan kartunis Carlos Latuff menggambar Miri sebagai tengkorak dengan gaunnya berlukisan pesawat Israel melakukan serangan udara di Gaza.


Tidak semua versi lukisan itu berbau politis. Beberapa warganet memodifikasi lukisan gaun itu dengan maksud humor. Salah satu pengguna Twitter yang menggambarkan invasi alien seperti dalam film “Independence Day”.

Miri tampaknya tidak ambil pusing dengan segala kritik tersebut. Menurutnya, lukisan itu bukanlah sebuah provokasi dan dia cukup senang melihat banyaknya perhatian terhadap gaunnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming