Image

Rayakan Harkitnas 2017, Tokoh Lintas Agama Doa Bersama di Taman Aspirasi Monas

Dara Purnama, Jurnalis · Sabtu, 20 Mei 2017 - 19:05 WIB
Peringatan Harkitnas 2017 di Taman Aspirasi Monas, Jakarta (Dara/Okezone) Peringatan Harkitnas 2017 di Taman Aspirasi Monas, Jakarta (Dara/Okezone)

JAKARTA - Gerakan Cinta Bangsa dan Pancasila (Genta Pancasila) menggelar perayaan Hari Kebangkitan Nasional (harkitanas) ke 109 di Taman Aspirasi Monas, Jakarta Pusat. Tokoh lintas agama ikut hadir dan berdoa bersama untuk keutuhan bangsa Indonesia.

Pantauan Okezone di lokasi, Sabtu (20/5/2017), sebagian besar massa yang hadir berpakaian merah. Mereka menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, “Garuda Pancasila”, “Gebyar-Gebyar” dan “Maju Tak Gentar”. Acara ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan marching band.

Dalam acara tersebut, hadir tokoh lintas agama yang memberikan orasi kebangsaan seperti Imam Pitunduh dan Agus Salim dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pendeta Katolik Romo Setyo Wibowo dan banyak tokoh lainnya seperti seniman Agus Budiyanto, Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati, dan Melanie Subono.

"Jika kita bicara Indonesia, kita tidak boleh bicara SARA, kita harus bicara Pancasila," kata Agus Salim.

 

Dia melanjutkan orasi kebangsaanya, menurutnya bagi para ulama, Pancasila itu sudah sesuai dengan ajaran Alquran. "Jadi mari kita gebuk mereka yang menganggu NKRI. Banser NU siap membantu, NKRI harga mati. Kita dukung Presiden (Jokowi) menggebuk yang menganggu Pancasila dan NKRI," katanya.

Sementara itu, Romo Setyo Wibowo mengajak semua pihak menjaga demokrasi dan kebhinekaan di Indonesia. "Kita minta pemerintah dan kapolri menegakkan kebhinekaan," serunya.

Acara ini ditutup dengan pelepasan balon garuda, lagu dan tari-tarian dari anak-anak panti asuhan, dan doa lintas agama. Hal ini dilakukan untuk memohon berkah dari Tuhan Yang Maha Esa agar senatiasa menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming