Image

Diduga Bermuatan Lebih, Data Manifest Penumpang KM Mutiara Sentosa yang Terbakar Tak Sinkron

Syaiful Islam, Jurnalis · Sabtu, 20 Mei 2017 - 21:30 WIB
Ilustrasi korban kapal tenggelam (foto: Okezone) Ilustrasi korban kapal tenggelam (foto: Okezone)

SURABAYA – Data penumpang KM Mutiara Sentosa I yang terbakar di perairan Masalembu tidak sinkron, antara laporan kedatangan dan keberangkatan kapal dengan jumlah penumpang yang berhasil diselamatkan Basarnas.

Berdasarkan hasil laporan kedatangan dan keberangkatan kapal yang diterima Syahbandar Tanjung Perak ada 134 penumpang dan ditambah 37 ABK. Sehingga totalnya berjumlah 171 orang yang naik kapal tersebut.

Sedangkan berdasarkan data penumpang yang ditolong Basarnas berjumlah 191 orang. Kemudian ditambah 5 penumpang yang ditemukan meninggal dunia. Berarti ada selisih 25 orang.

“Data yang kami terima dari keberangkatan kapal sebanyak 171 penumpang plus ABK. Sedangkan dari basarnas, penumpang yang diselamatkan 191 orang. Lalu ada lima penumpang yang meninggal. Berarti ada selisih jumlah penumpang,” terang Kepala Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Hari Setyobudi, Sabtu (20/5/2017).

Menurut Hari, pihaknya akan menanyakan pada agen terkait ketidaksamaan data tersebut. Namun ia menduga ketidaksinkronan data ini lantaran satu tiket untuk dua sopir, padahal harus satu-satu.

“Sebelumnya kita sudah peringatkan pada pemilik kapal saat kehabisan BBM, sekarang baru berlayar 24 jam dari pelahuban tanjung perak pas terbakar di Masalembu,” paparnya.

(muf)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming