nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pulau di Yunani Nyatakan Status Darurat Akibat Wabah Belalang

Emirald Julio, Jurnalis · Minggu 21 Mei 2017 06:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 21 18 1696173 pulau-di-yunani-nyatakan-status-darurat-akibat-wabah-belalang-2DbJEL5mSW.jpg Foto wabah belalang yang melanda Pulau Agios Efstratios (Foto: EPA/Daily Mail)

AGIOS EFSTRATIOS – Sebuah pulau di Yunani mengumumkan status darurat pada pekan ini akibat wabah belalang yang mengepung pulau tersebut. Serangga-serangga itu dilaporkan mengancam kehidupan tanaman di Pulau Agios Efstratios.

Sebagaimana dikutip dari UPI, Minggu (21/5/2017) pejabat setempat, Stella Spanou mengatakan, mayoritas tanaman di pulau yang menjadi rumah bagi 200 orang itu telah habis dimakan oleh kerumunan belalang. Spanou menyebut akibat wabah belalang yang menimpa pulaunya itu menyebabkan hewan-hewan ternak kelaparan karena kurangnya dedaunan.

Demi mengurangi dampak wabah tersebut, para pelajar dari Athena sengaja datang ke pulau tersebut. Mereka menyemprotkan pestisida untuk mengurangi populasi belalang yang menyerang Pulau Agios Efstratios.

Sayangnya usaha tersebut terhambat akibat medan yang ada di pulau tersebut. “Ini sulit karena medan disini, mereka harus berjalan kaki. Bahan kimia ramah lingkungan yang digunakan bekerja dengan baik tapi masih banyak belalang karena (pestisidanya) tidak disemprotkan di mana-mana,” ujar Spanou.

Sekretariat Jenderal Perlindungan Sipil Yunani mengumumkan status darurat tersebut atas permintaan otoritas Pulau Agios Efstratios. Wali Kota Pulau Agios Efstratios, Maria Kakkali mengklaim bahwa status darurat akan membantu masalah wabah belalang tersebut lebih cepat diselesaikan .

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini