nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Isu Laut China Selatan Dibahas di Pertemuan G7, Tiongkok Nyatakan Kecewa

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Minggu 28 Mei 2017 19:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 28 18 1701765 isu-laut-china-selatan-dibahas-di-pertemuan-g7-tiongkok-nyatakan-kecewa-jZNDkallY9.jpg Wilayah Laut China Selatan. (Foto: Reuters)

BEIJING - Pemerintah China memprotes pembahasan isu Laut China Selatan (LCS) di pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7. Pihak China menyebut 'sangat tidak puas' dengan pernyataan yang dilontarkan negara-negara aliansi G7 terkait LCS. Untuk diketahui KTT G7 merupakan aliansi yang beranggotakan tujuh negara di antaranya yaitu Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.

Seorang Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang menyatakan, kelompok sekutu G7 harus berhenti memberikan pernyataan yang tidak bertanggungjawab terkait LCS. Selain itu, China menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan perselisihan dengan semua negara yang terlibat konflik tentang LCS.

Sebagaimana diwartakan Reuters, Minggu (28/5/2017), Negeri Tirai Bambu itu juga meminta negara-negara lain untuk tak ikut campur dan menghormati upaya-upaya yang telah dilakukan China untuk menangani perselisihan. Sebelumnya, pada Sabtu 27 Mei, para pemimpin G7 menyatakan keprihatianan mereka terkait situasi di di Laut Cina Selatan dan Laut Cina Timur. Mereka juga menyerukan demiliterisasi "fitur yang disengketakan".

Sebagaimana diketahui, China terlibat konflik dengan salah satu negara anggota G7 yaitu Jepang. Tak hanya itu, LCS juga membuat China terlibat konflik dengan banyak negara lain seperti Brunei, Malaysia, Filipina dan Vietnam, serta Taiwan. Sementara itu, Amerika Serikat (AS) juga mengkritik China dengan mengirimkan sebuah kapal perang ke perairan Tiongkok dan membuat Beijing marah. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini