nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Perbaikan Jembatan Sorogenen Yogyakarta Ditarget Selesai Lebih Cepat

Agregasi Kedaulatan Rakyat, Jurnalis · Senin 29 Mei 2017 10:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 29 510 1702010 catat-perbaikan-jembatan-sorogenen-yogyakarta-ditarget-selesai-lebih-cepat-1i5aBb58hh.jpg Perbaikan jembatan Sorogenen. (Foto: KRJogja)

SLEMAN - Kemacetan yang terjadi saat ini di seputaran jembatan Sorogenen atau tak jauh dari Bandara Adisutjipto diperkirakan akan bisa teratasi. Hal ini karena proyek pembangunan jembatan lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan.

"Kami memperkirakan akan selesai pada pertengahan Juni. Target sebelumnya selesai H-14 Lebaran atau pada pertengahan Juni. Ternyata, berkat kerja keras teman-teman di lapangan pekerjaan ini bisa selesai lebih cepat yakni awal Juni," terang Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2 Pemeliharaan Berkala Jembatan Bantar Baru Cs Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional DIY, Sukiswandi ST MT, Minggu 28 Mei 2017.

Dikatakan, jembatan Sorogenen yang dibongkar di sisi utara sepanjang 21 meter kini sudah memasuki tahap akhir. Usai box girder atau dasar jembatan dipasang, Sabtu (27/5) malam, telah dilakukan pengecoran lantai jembatan. Selanjutnya memasuki tahap perawatan lantai atau menunggu umur beton sekitar tujuh hari.

"Kira-kira tanggal 3 Juni akan kita cek betonnya, jika sudah menungkinkan, maka tahapan berikutnya ialah pengaspalan. Setelah dirapikan, termasuk pemasangan median jalan maka jembatan Sorogenen sisi utara langsung kita buka normal," jelas Kiswandi seraya memberikan apresiasi pada jajarannya karena mampu menyelesaikan pekerjaan lebih awal.

Pembongkaran jembatan Sorogenen sendiri dilakukan untuk meningkatkan kualitas struktur jembatan. Di lajur utara sisi tengah adalah jembatan lama yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda.

Karena itu perbaikan perlu dilakukan dengan segera. Jika sudah dibuka, maka kemacetan dari arah Solo ke Yogya tidak akan terjadi lagi dan tidak ada pengalihan arus kendaraan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini