Image

Ikut China, Pemerintah Kanada Kembangkan Strategi untuk Mobil Listrik

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis, 1 Juni 2017 - 16:15 WIB
Ilustrasi mobil listrik (Autoblog) Ilustrasi mobil listrik (Autoblog)

OTTAWA - Pemerintah China telah mengeluarkan kebijakan mobil listrik. Seakan tak mau kalah, belum lama ini pemerintah Kanada mengungkapkan komitmennya mengembangkan strategi untuk kendaraan listrik pada 2018.

Demi mencapai hal tersebut, dalam beberapa bulan ke depan para Menteri Transportasi dan Inovasi, Ilmu Pengetahuan, serta Pembangunan Ekonomi Kanada akan berkolaborasi. Tidak hanya itu, pemerintah Kanada juga akan menunjuk organisasi, industri, dan kalangan akademis non-pemerintah untuk ikut serta menetapkan kebijakan mobil listrik.

Kolaborasi itu dinilai penting sebagai upaya dalam menentukan harga dan manfaat bagi pemilik kendaraan, pasokan kendaraan, kesiapan infrastruktur, sampai menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan.

Dalam sebuah keterangan resminya yang dikutip ulang oleh Autoblog, Menteri Transportasi Kanada, Marc Garneau mengatakan: "Kami memahami kekhawatiran orang-orang Kanada tentang lingkungan. Kami tengah mengembangkan strategi untuk mengatasi perubahan iklim dengan mengambil tindakan untuk mengurangi gas rumah kaca dan polusi udara. Dengan banyaknya kendaraan nol emisi yang beredar di jalan, maka kami menginvestasikan transportasi bersih untuk orang Kanada di masa depan."

Komitmen pemerintah Kanada untuk menetapkan kebijakan mobil ramah lingkungan muncul setelah menginvestasikan CAD120 juta atau sekira Rp1,1 triliun untuk pembangunan stasiun pengisian baterai, mobil hidrogen, dan gas. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming