Tangkal Ancaman Korut, Jepang-AS Adakan Latihan Militer

Emirald Julio, Okezone · Kamis 01 Juni 2017 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 01 18 1705486 tangkal-ancaman-korut-jepang-as-adakan-latihan-militer-BAsL4zxjSv.jpg Kapal perang AS dan kapal perusak Jepang bergabung untuk latihan gabungan (Foto: Facebook)

TOKYO – Militer Amerika Serikat (AS) dan Jepang dilaporkan tengah telah bersiap untuk mengadakan latihan gabungan (Latgab) di Laut Jepang. Latgab ini berselang beberapa hari setelah Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan rudal yang jatuh di wilayah laut Negeri Sakura.

Sebagaimana dikutip dari Russia Today, Kamis (1/6/2017) kapal perang AS, USS Carl Vinson dan USS Ronald Reagan, sudah bergabung dengan kapal perusak Jepang, Hyuga dan Ashigara, untuk persiapan latgab.

Melalui posting-an di Facebook, US 7th Fleet mengklaim latgab itu sebagai latihan rutin. Reuters mewartakan, militer Jepang membenarkan kabar pengerahan kapal perusak mereka untuk ikut latgab di Laut Jepang. “Ini pertama kalinya kita mengadakan latihan dengan dua kapal induk itu. Ini merupakan latihan besar bagi kami,” tutur juru bicara militer Negeri Sakura.

Selain Latgab di perairan Laut Jepang tersebut, Angkatan Udara Pertahanan Diri Negeri Sakura dan Angkatan Laut AS juga mengadakan latihan simulasi perang di waktu yang sama. Jepang mengerahkan pesawat tempur F-15 sedangkan AS mengerahkan jet tempur F-18.

Latihan ini berselang tiga hari setelah Korut meluncurkan rudal balistik jarak pendek. Rudal tersebut mendarat di Laut Jepang yang berjarak 300 kilometer dari garis pantai Negeri Sakura.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini