nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

17 WNI Terjebak di Marawi Kembali ke Jakarta Besok

Silviana Dharma, Jurnalis · Jum'at 02 Juni 2017 12:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 02 337 1705829 17-wni-terjebak-di-marawi-kembali-ke-jakarta-besok-XYPLRh1TGl.jpg Foto para WNI yang sempat terjebak dalam konflik di Marawi diterima Konsul Jenderal RI di Davao (Foto: Kemenlu)

JAKARTA - Warga Negara Indonesia (WNI) berjumlah 17 orang yang sempat terjebak konflik bersenjata di Marawi, Filipina, akhirnya sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir menyampaikan, rencananya para WNI tersebut akan kembali ke Jakarta pada Sabtu 3 Juni 2017.

"Berkat kerja sama dan upaya KBRI Manila dan KJRI Davao, semua jamaah tabligh itu sudah berhasil dievakuasi. Mereka semalam sudah tiba di Davao," katanya dalam press briefing di Kemlu, Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2017).

Seperti diketahui, belasan WNI itu terbagi menjadi dua kelompok. Terhitung 11 WNI dievakuasi dari Marantao, Provinsi Lanao del Sur, yang letaknya 20 kilometer dari Marawi. Sementara enam WNI lagi berada di Sultan Naga Dimaporo, Provinsi Lanao del Norte.

Perlu diketahui, Kota Marawi yang menjadi wilayah darurat militer saat ini, beda pulau dengan Ibu Kota Filipina, Manila di Kepulauan Mindanao. Semua WNI tersebut sudah dibawa ke lokasi yang aman, yakni di Bandara Lagudingan, Mindanao Utara. WNI itu selanjutnya diterbangkan ke Kota Davao. Untuk besoknya, diharapkan sudah tiba di Jakarta.

Sementara itu, mengenai WNI yang diduga terlibat sebagai militan, Kemlu belum bisa mengonfirmasi. Menurut Tata, hal tersebut lebih relevan jika ditanyakan kepada BNPT, BIN dan Densus 88.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini