nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemkot Sebut Sampah Menumpuk di Pantai Padang Akibat Perilaku Warga

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 02 Juni 2017 13:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 02 340 1705853 pemkot-sebut-sampah-menumpuk-di-pantai-padang-akibat-perilaku-warga-X9uyeyExvd.jpeg

PADANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan, menumpuknya sampah di tepi pantai daerah tersebut pascaterjadi hujan lebat akibat perilaku warga yang masih membuang limbah ke selokan dan sungai.

"Di Padang ada lima sungai besar yang bermuara ke laut, bila terus berperilaku membuang sampah ke sungai, sampah terus menumpuk," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi menanggapi keluhan masyarakat banyaknya sampah di tepi pantai Padang, di Padang, Jumat (2/6/2017).

Menurut dia, sampah yang dibuang ke selokan dan sungai tentu akan mengalir terus ke laut, terlebih bila hujan lebat aliran semakin deras dan material lebih cepat sampai di laut.

Kemudian dengan adanya gelombang laut, material dari sungai itu kembali dihempaskan ke pantai, sehingga sampah menumpuk. "Hal ini seharusnya dipahami warga dan mulai menyadari kerugian yang dialami," tambahnya.

Keberadaan sampah di pantai ini kata dia, bukan hanya memberikan kerugian bagi wisatawan melainkan juga masyarakatnya. Sebab selain mengganggu wisata dan tidak menyehatkan, secara identitas hal ini mengurangi keindahan pantai.

Sebagai gambaran sampah yang menumpuk akibat hujan lebat beberapa hari lalu panjangnya hingga lima kilometer. Untuk membersihkannya perlu berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan, TNI dan relawan kebersihan.

"Perlu jadi perhatian, bila membuang sampah terus dilanjutkan di hulu sungai volumenya semakin menumpuk, semua pilihan di warga," sebutnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini