nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Sulap Minyak Jelantah Jadi Biodiesel

Siska Permata Sari, Jurnalis · Sabtu 03 Juni 2017 03:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 02 65 1705957 mahasiswa-sulap-minyak-jelantah-jadi-biodiesel-pXAmn3wTio.jpg Foto: Dok UGM

JAKARTA - Penggunaan minyak bumi yang terus menerus dilakukan menyebabkan cairan bumi itu semakin tiris. Inilah yang melandasi lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk meneliti pemakaian energi terbarukan seperti biodiesel yang menggunakan minyak jelantah.

Kelima mahasiswa itu adalah Jolang Budiarta, Ahmad Fauzy, Mohamad Ulil Absor, Muhammad Isma'il Hamidiy, dan Taufiqur Rohman dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Teknik.

"Kebanyakan dari limbah minyak jelantah ini justru dibuang ke saluran air yang dapat mencemari lingkungan. Untuk itulah, kami berlima berinisiatif untuk memanfaatkan limbah ini menjadi biodiesel," ungkap salah satu mahasiswa, Jolang Budiarta seperti dilansir dari laman UGM, Sabtu (3/6/2017).

Sebab, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi minyak goreng di Indonesia tahun 2015 mencapai 10.052 liter per orang. Dan diperkirakan jumlah limbah dari minyak goreng ini berlimpah.

Sedangkan menurut Jolang Budiarta, biodiesel menjadi salah satu pilihan untuk keberlangsungan energi dunia di masa depan.

"Pembuatan biodiesel dapat dilakukan dengan mereaksikan minyak jelantah dengan alkohol yang menghasilkan biodiesel dan gliserol," jelas Jolang mengenai pemanfaatan minyak jelantah tersebut.

Lima mahasiswa itu juga menggunakan metode ramah lingkungan. Mereka mengubah jelantah menjadi biodisel dengan menggunakan metoden berbasis green chemistry. Sehingga penelitian bisa tetap diupayakan tanpa menghasilkan bahan-bahan yang berbahaya bagi lingkungan.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini