Menhan Jepang Dukung Semua Tindakan AS terhadap Korut

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Sabtu 03 Juni 2017 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 03 18 1706969 menhan-jepang-dukung-semua-tindakan-as-terhadap-korut-Go4G0IP2Mw.jpg Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada (Foto: Edgar Su/Reuters)

SINGAPURA – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis, memastikan Negeri Paman Sam tidak akan meninggalkan sekutu-sekutunya di Asia terkait isu nuklir Korea Utara (Korut). Komitmen tersebut disambut baik oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Jepang, Tomomi Inada.

Perempuan berusia 58 tahun itu mengatakan, Jepang akan selalu mendukung apa pun yang dilakukan AS dalam isu Korut. Inada menambahkan, Negeri Sakura ingin membangun aliansi yang semakin mendalam dengan Washington yang menurutnya dapat memainkan peran penting dalam keamanan di kawasan.

“AS memperjelas semuanya lewat kata-kata dan tindakan bahwa semua pilihan tersedia di atas meja. Saya sangat mendukung posisi AS,” tutur Tomomi Inada dalam sebuah konferensi keamanan di Singapura, mengutip dari Reuters, Sabtu (3/6/2017).

Selain memanfaatkan aliansi dengan AS untuk menghadapi tetangga yang bandel tersebut, Jepang juga ingin kemitraan militer tersebut untuk memberi pengaruh lain di kawasan, utamanya dalam aksi China di Laut China Selatan. Ia yakin aliansi tersebut akan berkontribusi penuh pada stabilitas kawasan.

“Aliansi Jepang-AS, yang kuat dan terjalin sejak lama, sekarang berfungsi sebagai barang publik yang berkontribusi kepada stabilitas dan perdamaian di kawasan,” sambung Tomomi Inada.

Sebagaimana diketahui, China mengklaim sebagian besar wilayah di Laut China Selatan. Meski menjamin kebebasan navigasi dan penerbangan di kawasan tersebut, China beberapa kali memprotes aksi negara-negara yang tidak terlibat konflik langsung seperti Jepang dan AS yang beberapa kali menguji komitmen Beijing tersebut.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini