Image

PN Jaksel Gelar Sidang Putusan Ujaran Kebencian Rizal dan Jamran

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin, 5 Juni 2017 - 10:40 WIB
Ilustrasi (Shutterstock) Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Sidang perkara dua aktivis yang ditangkap jelang aksi bela Islam 212, Rizal Kobar dan Jamran, memasuki agenda pembacaan putusan. Sidang itu digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Ampera, Senin (5/6/2017).

Kuasa hukum Rizal dan Jamran, Andris Basril menyatakan, pihaknya sudah siap menghadapi pembacaan vonis oleh Majelis Hakim. Ia meyakini hakim akan memutus secara adil dengan menggunakan hati nuraninya.

"Iya, doanya bismillah putusan bisa membuktikan keadilan dan kebenaran di Bumi Pertiwi ini, aamiin YRA," ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Senin (5/6/2017).

Sekadar diketahui, jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Rizal dengan hukuman satu tahun penjara, sedangkan Jamran dituntut 10 bulan penjara.

Rizal dan Jamran disidang secara terpisah. Tuntutan mereka pun dibacakan secara bergantian. Jaksa Payaman membacakan tuntutan untuk Rizal terlebih dahulu, kemudian disusul tuntutan untuk Jamran.

"Meminta majelis hakim menjatuhkan pidana selama satu tahun penjara dikurangi selama terdakwa selama tahanan dan denda Rp75 juta subsider dua bulan kurungan," kata Jaksa Payaman saat membaca tuntutan Rizal di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Rabu 24 Mei 2017.

Menurut jaksa, Rizal dan Jamran terbukti menyebarkan kebencian bernada SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) melalui media sosial. Penyebaran dianggap dilakukan secara berulang dan sistematis. Perbuatan itu, dinilai jaksa, melanggar Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Sikap Rizal dan Jamran yang kooperatif selama sidang dan belum pernah dihukum sebelumnya, dianggap jaksa sebagai pertimbangan meringankan. Tidak ada pertimbangan yang memberatkan dalam tuntutan dua terdakwa ini.

Terkait perbedaan tuntutan yang diberikan, dijelaskan jaksa Payaman, karena Rizal mem-posting lebih banyak ujaran kebencian ketimbang Jamran.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming