Image

Kasus Ujaran Kebencian, Rizal dan Jamran Divonis 6,5 Bulan Penjara

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin, 5 Juni 2017 - 15:21 WIB
Sidang vonis Rizal Kobar dan Jamran (Foto: Fadel Prayoga) Sidang vonis Rizal Kobar dan Jamran (Foto: Fadel Prayoga)

JAKARTA - Rizal Kobar dan Jamran terdakwa kasus ujaran kebencian dijatuhi hukuman penjara 6 bulan 15 hari. Vonis itu lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut Rizal 1 tahun dan Jamran 10 bulan penjara.

Putusan mereka pun dibacakan secara bergantian. Majelis Hakim Ratmoho membacakan vonis untuk Rizal terlebih dahulu, kemudian disusul tuntutan untuk Jamran.

"Menyatakan terdakwa Rizal terbukti secara sah menyebarkan kebencia SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan). Majelis hakim menjatuhkan pidana penjara 6 bulan 15 hari. Dan denda kepada terdakwa Rp10 juta, apabila tidak dibayar maka diganti dengan kurungan penjara 1 bulan, kemudian membebankan biaya perkara Rp2 ribu," ujar Hakim Ratmoho saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jalan Raya Ampera, Senin (5/6/2017).

Usai membacakan putusan, majelis hakim menawarkan banding kepada kakak beradik tersebut. Mereka menjawab belum bisa memutuskan persoalan tersebut sekarang dan akan memikirkannya bersama tim kuasa hukumnya.

"Saya atas nama Rizal akan pikir-pikir majelis hakim," timpal Rizal.

"Kami berikan waktu tanggal 12 Juni untuk melakukan banding soal kasus ini," jawab Ratmoho.

Sikap Rizal dan Jamran yang kooperatif selama sidang dan belum pernah dihukum sebelumnya, dianggap hakim sebagai pertimbangan meringankan. Tidak ada pertimbangan yang memberatkan dalam putusan dua terdakwa ini.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming