nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dubes Malaysia: Indonesia dan Malaysia Wajib Jadi Sahabat Karib

Silviana Dharma, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 19:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 07 18 1710173 dubes-malaysia-indonesia-dan-malaysia-wajib-jadi-sahabat-karib-CxWYIF3iuo.jpg Wawancara khusus Okezone dengan Dubes Malaysia untuk Indonesia. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

JAKARTA – Indonesia dan Malaysia punya hubungan sejarah yang panjang. Terhitung sejak Nusantara masih terbagi menjadi kerajaan-kerajaan. Jika tak percaya, tengok saja sejarah Kerajaan Tertua di Malaysia yakni Malaka. Pendiri Malaka adalah Pangeran dari Sumatera, tepatnya dari Kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Palembang.

Bahkan dari bahasa pun Indonesia dan Malaysia tidak jauh berbeda. Sama-sama punya bahasa Melayu. Bahasa ini masih dipakai oleh orang yang tinggal di Nangroe Aceh Darussalam. Salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya terpisah oleh Selat Malaka dengan Malaysia.

Kunjungan khusus Dubes Malaysia untuk Indonesia ke Okezone. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

Oleh karena itu, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim mengatakan Indonesia dan Malaysia mau tak mau, wajib menjadi sahabat karib. Ibarat tetangga, kalau ada apa-apa ya yang paling bisa dimintai bantuan adalah yang terdekat.

“Makanya kita ini selalu disebut negara serumpun. Saya juga selalu bilang, Indonesia dan Malaysia tak punya pilihan selain menjadi sahabat karib,” tegasnya dalam program Special Dialogue di kantor Okezone, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

Ia menjelaskan bagaimana di mata dunia, Indonesia dan Malaysia sering dibilang bak saudara kembar. Dari segi rupa, cakap, makanan dan budaya, semua hampir sama.

“Dari segi penghidupan kita enggak ada bedanya. Kita serupa ya, tetapi tidak sama,” tekannya.

Lebih dari itu, Dato’ Seri percaya kalau pemikiran orang Indonesia dan Malaysia pun tidak jauh berbeda. Sebagai sesama negara berkembang, dan pernah dijajah, kedua negara pasti ingin maju. “Kepentingan kita pun mungkin sama,” pungkasnya.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini