Image

Fatwa Penggunaan Medsos MUI Tangkal Fenomena Buzzer saat Pilkada

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at, 9 Juni 2017 - 06:44 WIB
Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam (Foto: Okezone) Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam (Foto: Okezone)

JAKARTA - ‎Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa penggunaan media sosial (medsos) yang mengharamkan perilaku ujaran kebencian dan menyebarkan berita bohong (hoax) di dunia maya.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am mengatakan, fatwa penggunaan medsos tersebut juga menangkal maraknya fenomena-fenomena buzzer saat momentum pemilihan kepala daerah (pilkada).

Menurut dia, para buzzer ingin mengapitalisasikan berita-berita hoax ‎saat pilkada guna memenangkan pihak ataupun calon tertentu selama berlangsungnya kontestasi tersebut.

"Bukan enggak boleh kalau buzzer netral banyak sekali pelaku usaha yang butuh branding para buzzer. Tapi, jasa politik jangan sampai mengapitalisasi hoax itu. Faktanya memang ada yang memanfaatkan jasanya," kata Asrorun dalam diskusi Redbons bertajuk 'Geliat Media Sosial Pasca-Fatwa Medsosiah MUI' di Gedung MNC News Center, Jakarta, Kamis 8 Juni 2017.

‎Asrorun menegaskan, uang yang dihasilkan dari jasa para buzzer medsos adalah haram. Apalagi, kata dia, sejumlah viral yang diproduksi buzzer-buzzer politik itu merupakan fitnah.

"Uang yang menyebarkan hoax itu haram. Jangan sampai mengapitalisasi hoax dan justru diproduksi terus-menerus untuk kepentingan yang bayar dia (buzzer)," jelasnya.

Asrorun melanjutkan, fatwa haram penggunaan medsos yang dikeluarkan MUI tersebut juga diharapkan mampu memberikan pengetahuan tentang penggunaan ‎medsos kepada umat Islam di Indonesia.

"Ini fatwa kelihatannya remeh-temeh, tapi kita melihat betul bahwa seseorang itu menyebarkan berita-berita hoax tanpa proses verifikasi dan ini juga menyasar mulai dari masyarakat hingga pejabat," sambungnya.

"‎Presiden juga mengeluhkan hal yang sama dan fatwa ini adalah sebagai salah satu wujud dari peran MUI lewat fatwa itu," tukasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming