nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Sidak Jelang Lebaran, Pemkot Medan Temukan Makanan dalam Kemasan Rusak

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017 04:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 09 340 1711513 waduh-sidak-jelang-lebaran-pemkot-medan-temukan-makanan-dalam-kemasan-rusak-fa7buyqv3y.jpg Sidak di pasar swalayan di Medan.

MEDAN – Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Perdagangan Kota Medan mulai melakukan inspeksi ke sejumlah pasar tradisional dan pasar modern yang ada di Medan. Inspeksi dilakukan untuk memantau makanan dan minuman yang beredar memenuhi persyaratan layak jual dan tidak kedaluwarsa.

Kepala Dinas Perdagangan, Syarif Armansyah Lubis mengatakan, dari inspeksi yang mereka lakukan sejak Senin 5 Juni 2917, mereka tidak menemukan adanya makanan dan minuman dalam kemasan yang kedaluwarsa. Namun, ada beberapa produk yang kemasannya rusak.

“Produk-produk yang kemasan yang telah rusak ini juga kita minta agar tidak dijual. Syukurnya, pengusaha dapat menerima imbauan kita,” sebut Armansyah.

Kabid Pengamanan Perdagangan Dalam Negeri (PPDN) pada Dinas Perdagangan Kota Medan, Rislan Indra menyebutkan, masyarakat harus tetap cermat dalam berbelanja di tengah banyaknya potongan harga yang ditawarkan para pedagang menjelang Lebaran.

“Jangan karena harganya murah lalu asal beli tanpa mengecek dulu waktu kedaluwarsanya. Itu akan memicu penyakit muncul bahkan bisa keracunan karena makanan atau minuman yang dibeli sudah tidak layak konsumsi, kedaluwarsa,” tegasnya.

Rislan menyebukan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan ke pasar-pasar dan pusat perbelanjaan hingga dua pekan ke depan. “Selain kualitas, kita juga akan memeriksa apakah makanan yang dijual memiliki izin edar atau tidak,” tandasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini