nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebanyak 1.989 Guru Honorer Akan Diangkat ASN

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Sabtu 10 Juni 2017 12:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 10 65 1712710 sebanyak-1-989-guru-honorer-akan-diangkat-asn-979BDlekPw.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

MEDAN - Pemerintah Kota Medan berencana mengangkat 1.989 guru yang kini berstatus guru honorer menjadi aparatur sipil negara (ASN). Pengangkatan status itu dilakukan karena memang saat ini sekolah-sekolah milik pemerintah di Kota Medan mengalami kekurangan guru.

"Insya Allah tahun ini sebanyak 1.989 guru honorer yang menanti surat keputusan pengangkatan akan kita kabulkan,"sebut Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Hasan Basri, Sabtu (10/6/2017).

Guru honorer yang akan diangkat menjadi ASN, lanjut Hasan, adalah guru honorer yang telah mengabdi selama setidaknya lima tahun.

"Untuk realisasinya kita saat ini sudah mengajukan permohonan pencabutan moratorium penerimaan ASN khusus untuk guru. Karena kita memang sangat kekurangan," tegas Hasan.

Pengangkatan status guru honorer sebagai ASN ini, kata Hasan, juga bertujuan untuk semakin menyejahterakan para tenaga pendidik di sekolah. Sehingga kualitas mengajar mereka juga lebih baik.

"Kita akan terus upayakan (penyejahteraan) guru, karena mereka nyawa sekolah. Kalau mereka baik, maka baiklah anak didik hasil dari sekolah tersebut," pungkasnya.

Upaya penyejahteraan guru ini juga sudah dilakukan secara kelembagaan dengan memasukkan tunjangan guru pada dana APBD Kota Medan.

"Selama ini untuk menutupi tunjangan bagi guru honor digunakan dana bantuan operasional sekolah. Ke depan kita inginnya itu ditampung juga di APBD. Agar tunjangan semakin besar dan tidak ada lagi guru honor yang dibayar Rp.300 ribu perbulannya," tutup Hasan.(afr)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini