nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bengkulu Diguncang Gempa 4,8 SR, Masyarakat Diminta Tidak Panik

Demon Fajri, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 11:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 14 340 1715631 bengkulu-diguncang-gempa-4-8-sr-masyarakat-diminta-tidak-panik-gE0E30XQIE.jpg Ilustrasi

BENGKULU - Gempa tektonik berkekuatan 4,8 SR menguncang Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, sekira pukul 05.27 WIB.

Gempa bumi berpusat di koordinat 4,61 Lintang Selatan (LS) dan 102.26 Bujur Timur (BT) atau 80 kilometer (KM) arah barat daya Tais, Kabupaten Seluma. Pusat gemba berada di kedalaman 42 Km.

Kepala Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman mengatakan, hasil peta shakemap BMKG, getaran gempa dirasakan di Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong dengan kekuatan II-III MMI dan di Kabupaten Kepahiang dengan kekuatan I-II MMI.

Litman melanjutkan, sesuai laporan masyarakat, gempa bumi juga dirasakan di wilayah Kota Bengkulu, Kabupaten Kepahiang, serta Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara.

''Hingga saat ini belum ada aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG,'' kata Litman, Rabu (14/6/2017).

Ditinjau dari kedalaman hiposenter, jelas Litman, gempa bumi tersebut masuk kategori gempa bumi dangkal. Gempa terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan adanya deformasi batuan.

''Khusus masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,'' pungkas Litman.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini