nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tes Urine, 2 Sopir Bus di Terminal Mojokerto Positif Konsumsi Miras

Zen Arivin, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 14:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 14 519 1715855 tes-urine-2-sopir-bus-di-terminal-mojokerto-positif-konsumsi-miras-Ek6Tkpikqp.jpg Petugas ketika tes urine para sopir (foto: Zen/Okezone)

MOJOKERTO - Puluhan sopir armada bus di Terminal Kertajaya Mojokerto, menjalani tes urine yang digelar petugas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Mojokerto, Jawa Timur. Hasilnya, dua orang sopir positif mengkonsumsi minuman keras (Miras).

"Dari 30 pengemudi bus yang kita lakukan tes urine, 2 diantaranya positif mengandung Benzodiazepine atau minuman beralkohol. Datanya sudah kita serahkan ke aparat kepolisian, untuk bisa ditindaklanjuti," ungkap Kasie Pemberantasan BNNK Mojokerto, Kompol Damar Bastian kepada wartawan, Rabu (14/6/2017).

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Mojokerto Kota, AKP Donny Dwidja Romansa mengatakan, sopir bus yang dinyatakan positif mengonsumsi narkotika atau miras, nantinya akan diberikan peringatan. Pihaknya akan mengirimkan surat kepada Perusahaan Otobus (PO) agar segera mengganti sopir tersebut.

"Kalau sopir dalam pengaruh alkohol, pasti sangat membahayakan penumpang juga. Maka itu, tadi langsung kita hentikan dan kita berikan sanksi untuk perusahaannya agar segera mengganti sopir tersebut," kata Donny.

Tidak hanya melakukan tes urine, namun dalam razia gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polres Mojokerto Kota ini juga melakukan pengecekan kelaikan kendaraan angkutan lebaran.

Seluruh armada bus tak luput dari pemeriksaan petugas. Mulai dari kelengkapan surat, izin trayek, hingga kondisi kendaraan itu sendiri, semuanya dilakukan pengecekan oleh petugas. Namun tidak ada satupun kendaraan yang melanggar.

"Alhamdulillah untuk uji kelaikan semuanya sudah baik. Sehingga tidak ada yang dikenakan sanksi untuk kali ini. Artinya kesadaran pemilik armada pus juga sudah semakin meningkat. Karena ini juga untuk keselamatan pemudik," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini