JK Tegaskan Indonesia Tetap Komitmen pada Paris Agreement

Reni Lestari, Okezone · Kamis 15 Juni 2017 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 15 18 1716922 jk-tegaskan-indonesia-tetap-komitmen-pada-paris-agreement-WitIRuKS7k.jpg Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (Foto: Reni Lestari/Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hari ini menggelar pertemuan dengan tiga duta besar untuk Indonesia, yakni Duta Besar Prancis Jean-Charles Berthonnet, Duta Besar Jerman Michael Freiherr von Ungern, dan Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend.

Didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, JK bersama para dubes membahas komitmen Indonesia mendukung Kesepakatan Paris tentang perubahan iklim (Paris Agreement on climate change).

"Soal kelanjutan daripada Paris Agreement, Indonesia bersama-sama dengan Uni Eropa dan yang lainnya konsisten untuk tetap berada dalam posisi pelaksanaan daripada Paris Agreement," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Sebelumnya diketahui, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memutuskan untuk keluar dari Paris Agreement baru-baru ini. JK menegaskan, keluarnya AS dalam kesepakatan yang diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini tidak mempengaruhi komitmen Indonesia.

"Untuk menegaskan saja, tidak dipengaruhi. Untuk menegaskan bahwa apa yang diisukan AS itu, Indonesia tetap pada posisi paris agreement," ujarnya. Dalam waktu dekat, lanjut JK, ada akan kesepakatan-kesepakatn baru mengenai pengelolaan hutan di Kalimantan.

Sementara itu, Duta Besar Jerman untuk Indonesia Michael Freiherr von Ungern mengatakan, perubahan iklim merupakan isu yang membutuhkan jawaban secara global. Setelah keluarnya AS dalam kesepakatan ini, sangat penting untuk mempererat komitmen dan kerjasama multikultural.

"Ini benar-benar adalah isu global dan kita bisa mengatasinya dengan memberi jawaban yang global pula. Kita perlu memperkuat kerjasama multikultural, seperti yang telah dikerjakan oleh masyarakat dunia selama bertahun-tahun untuk mewujudkan Paris Agreement," ujar dia.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini