nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE STORY: Boneka Tanpa Wajah, Mainan Eksentrik Orang Amish

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 07:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 16 18 1717887 okezone-story-boneka-tanpa-wajah-mainan-eksentrik-orang-amish-tXCSqOcZOG.jpg Boneka tanpa wajah menjadi mainan anak-anak kaum Amish. (Foto: Vintage News)

PADA suatu masa, anak-anak kelompok Amish bermain dengan boneka tanpa wajah.

Soal gaya hidup, kaum Amish berbeda dengan orang-orang pada umumnya. Baik dari segi bahasa, kepercayaan, hingga cara mereka berpakaian dan berperilaku. Tidak hanya itu, kaum Amish juga tidak memakai listrik. Mereka menggunakan kereta kuda untuk alat angkut dan transportasi.

Kaum Amish mendukung keluarga dengan banyak anak. Saat bermain, anak-anak Amish juga sedikit berbeda. Mainan mereka cukup eksentrik dan aneh; salah satunya adalah boneka tanpa wajah.

Boneka-boneka ini biasanya dibuat dari baju-baju lama yang sudah tidak dipakai lagi. Penampilan mereka dibuat mirip manusia. Baju-baju yang dikenakan boneka tersebut serupa dengan pakaian anak laik-laki dan perempuan kaum Amish.

Namun, tak ada wajah terlukis di kepala boneka. Menukil Vintage News, alasannya, kaum Amish percaya, semua orang setara di mata Tuhan.

Banyak kisah tentang asal muasal boneka tanpa wajah ini. Salah satunya menyebut, seorang anak perempuan Amish mendapat boneka sebagai hadiah Natal. Namun ayah anak perempuan itu marah. Menurut sang ayah, hanya Tuhan yang berkuasa menciptakan orang. Sang ayah pun memotong kepala boneka itu dan menggantikan kepalanya dengan kaos kaki berisi kain-kain usang. Anak perempuan itu pun bermain dengan boneka tersebut selama bertahun-tahun.

Boneka tanpa wajah ini bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Anak-anak Amish sendiri tidak memiliki banyak mainan.

Terkadang, anak-anak Amish membungkus batang kayu dengan selimut dan berpura-pura bahwa itu adalah boneka. Di masa lalu, boneka diisi dengan kain-kain perca, namun kini bahan pengisinya kebanyakan kapas atau poliester. Dulu, boneka-boneka ini juga tidak dicuci. Jika kotor, maka lapisan baju baru akan ditambahkan untuk menutupinya.

Uniknya, boneka-boneka ini dijahit tangan atau menggunakan mesin jahit manual. Tidak heran, banyak boneka antik kaum Amish dianggap layak untuk dikoleksi. Bahkan, ada yang mencapai harga lebih dari USD1.000.

Meski begitu, pasar penjualan boneka Amish tanpa wajah ini kalah dengan boneka-boneka berwajah dan penuh hiasan yang dibuat produsen non-Amish.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini