Image

Susahnya Tarawih di Negeri Orang

Silviana Dharma, Jurnalis · Senin, 19 Juni 2017 - 21:02 WIB
Ilustrasi. WNI rayakan lebaran di KBRI Beijing. (Foto: dok. KBRI Beijing/Kemlu RI) Ilustrasi. WNI rayakan lebaran di KBRI Beijing. (Foto: dok. KBRI Beijing/Kemlu RI)

BAGI umat Islam, salat tarawih menjadi ibadah yang paling dinantikan selama Ramadan. Usai berbuka puasa, kaum Muslim pun berbondong-bondong ke masjid untuk menunaikan salat Isya dan dilanjutkan dengan tarawih.

Akan tetapi, apa jadinya kalau masjid jauh dan waktu untuk beristirahat pada malam hari hanya hitungan jam? Bagi Anda yang tidak punya kegiatan pada keesokan harinya dan memiliki moda transportasi pribadi mungkin tidak masalah.

Beda cerita dengan dua perempuan asal Indonesia yang menjalani Ramadan di luar negeri ini. Saldhyna Di Amora sehari-hari di Prancis berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Dari segi waktu, Indonesia menurut dia punya waktu berpuasa lebih bersahabat. Setengah hari pantang makan dan minum, setengah hari lagi bisa dimanfaatkan untuk beribadah, istirahat cukup dan melakukan aktivitas lainnya.

Saldhyna Di Amora merayakan buka puasa bersama PPI di Grenoble. (Foto: Istimewa/Saldhyna Di Amora)

Dengan pengaturan waktu sedemikian rupa, orang Indonesia masih sempat tarawih di masjid. Juga punya cukup waktu tidur sebelum terbangun lagi untuk sahur.

"Sementara di Prancis, kami harus mengakhirkan sahur pukul 04.15 dan baru berbuka pukul 21.30. Saya dan keluarga sama sekali tak bisa merasakan ibadah tarawih di masjid-msjid layaknya di Indonesia," ceritanya kepada Okezone.

Selain persoalan waktu, ketersediaan moda transportasi pun sulit. Ibu satu putra itu mengatakan, kendaraan umum, seperti bus untuk menuju ke masjid dari kediamannya di Grenoble, sudah berhenti beroperasi pada pukul 23.00. Padahal waktu tarawihnya pukul 23.00-00.30.

"Kami tidak bisa tarawih karena tidak memiliki kendaraan pribadi. Selain itu, kami juga harus mengelola waktu dengan baik agar setelah berbuka masih bisa beristirahat cukup dan tidak telat untuk bangun sahur,"ujarnya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming