nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asyiknya Ramadan di KBRI Thailand

Silviana Dharma, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 09:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 16 18 1717938 asyiknya-ramadan-di-kbri-thailand-UmxOUJgGnK.jpg Ilustrasi. Salat Idul Adha di KBRI Bangkok. (Foto: dok. KBRI Bangkok/Kemlu RI)

BANGKOK – Beribadah puasa di Thailand boleh dikata tidak jauh beda dengan di Indonesia, misalnya dari segi lama waktu berpuasa. Bedanya, matahari Bangkok lebih terik dari Jakarta.

Rata-rata orang Indonesia yang menjalani Ramadan di Negeri Gajah Putih, pasti cepat beradaptasi. Terlepas dari fakta bahwa umat Islam hanya segelintir jumlahnya di sini, alias minoritas. Demikian menurut seorang pelajar asal Indonesia, Mentari Puspa Ferisa.

Perempuan asal Bogor yang pernah menjalani ibadah puasa di Bangkok itu berterus terang kalau pengalamannya menjalani Ramadan di negara mayoritas Buddha tersebut lebih seru dan berkesan dibandingkan di Tanah Air.

"Jujur, Ramadan di Bangkok lebih seru dan berkesan ketimbang di Indonesia. Soalnya di sini kami merayakannya di KBRI dan KBRI Bangkok punya Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), yang setiap Ramadan selalu mengadakan pesantren kilat," ucapnya kepada Okezone.

Selama ada pesantren itu, semua pelajar menginap di sekolah sepekan penuh. Di situlah, Mentari dan teman-temannya selain bisa memperdalam ilmu agama, juga bisa bercengkrama bareng lewat permainan yang seru.

"Permainannya masih berhubungan dengan pelajaran agama Islam, jadi asyik," imbuhnya.

Lebih lanjut, nilai kebersamaan itu kental sekali di pesantren kilat ala KBRI Bangkok. Mulai dari salat, mengaji, lomba baca ayat Alquran, menyiapkan takjil, buka puasa, tidur dan sahur. Semua dilakukan bersama.

"Semua kegiatan yang seru-seru itu dilakukan hanya dalam sepekan, yang bikin waktu buka puasa terasa cepat dan membuat kami semua jadi seperti keluarga," pungkasnya.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini