nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Merakyat, Istri Presiden Korsel Tolak Dipanggil Ibu Negara

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 16:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 16 18 1717955 ingin-merakyat-istri-presiden-korsel-tolak-dipanggil-ibu-negara-J97yowEQan.jpg Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook (Foto: Kim Kyung-hoon/Reuters)

SEOUL – Terpilihnya Moon Jae-in sebagai Presiden Korea Selatan (Korsel) pada 10 Mei 2017 membawa harapan baru. Tidak hanya dalam hal mengatur pemerintahan, tetapi juga dalam sikap dan gaya hidup sehari-hari.

Pria berusia 64 tahun itu pernah berjanji untuk tinggal di luar Gedung Biru, Istana sekaligus kediaman resmi Kepresidenan Korsel. Moon Jae-in tetap ingin menjadi sosok yang membumi. Gaya tersebut juga dilakukan sang istri sekaligus Ibu Negara, Kim Jung-sook.

Perempuan berusia 62 tahun itu mengatakan ingin mendukung suaminya dengan mengisi kekosongan di saat Moon tidak bisa berkomunikasi dengan warga Korsel. Kepribadiannya yang sangat ceria membuatnya dijuluki, ‘Happy Mrs. Jung-sook’.

“Saya ingin menjadi Ibu Negara yang ramah, rendah hati, dan menyenangkan. Pertama-tama, saya sudah meminta agar orang-orang tidak memanggil saya Ibu Negara,” ujar Kim Jung-sook dalam pernyataan tertulis, mengutip dari Reuters, Jumat (16/6/2017).

Melihat pernyataan tersebut, tidak heran mantan penyanyi lagu-lagu klasik itu pernah terlihat sedang mengantre membeli ikan pada masa kampanye pemilihan presiden (pilpres). Kim Jung-sook juga pernah terlihat mengenakan sandal dan rambut tidak tertata rapi. Citra tersebut sangat jauh bila dibandingkan Park Geun-hye, pendahulu Moon Jae-in.

Pengamat politik, Ha Jae-keun, menganggap sosok Kim Jung-sook sebagai udara segar setelah sosok Park yang dingin. Ibu Negara Korsel di masa lalu juga lebih banyak terjebak pada formalitas belaka, sangat serius, dan tidak pernah mau berbicara.

“Di masa lalu, Ibu Negara terlihat sangat terikat pada formalitas. Mereka sangat serius dan tidak pernah berbicara. Kim, di satu sisi, terlihat sangat mudah didekati dan segar,” ujar Ha Jae-keun, tokoh yang terkenal sebagai pengkritik pemerintah.

Citra sebagai ‘ajumeoni’ atau perempuan paruh baya biasa, sejalan dengan sang suami Moon Jae-in yang ingin terlihat seperti orang biasa. Sangat berbeda dengan Park Geun-hye yang selalu terlihat berkelas sehingga dijuluki Putri Es. Ha Jae-keun mengatakan, masyarakat yang nampak terluka oleh dinginnya sikap Park, disembuhkan oleh Kim Jung-sook.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini