Image

Kesalahan yang Tanpa Sadar Dilakukan saat Wawancara Kerja

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Kamu baru saja mendapatkan panggilan kerja untuk wawancara dan sangat antusias dengan itu. Tidak ada salahnya. Bersemangat dalam memulai karier memang diperlukan.

Namun, tanpa sadar kamu bisa melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang tanpa disadari bisa merembet pada performa kamu saat wawancara. Apa saja kesalahan yang dimaksud? Berikut uraiannya dinukil dari USA Today.

Datang Super Pagi

Tidak ada salahnya datang lebih awal dari masa wawancara. Namun, datang sangat awal dan membuang waktu kamu untuk menunggu selama berjam-jam akan membuat kamu sudah terlalu lelah menunggu. Sehingga, saat waktu wawancara tiba, kamu malah tidak fokus. Usahakanlah datang ke tempat wawancara kerja 20 hingga 10 menit sebelumnya.

Meyakini Setiap Ajuan Pertanyaan Berasal dari Resume

Merasa yakin dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan interviewer bersumber dari resume kamu adalah suatu kesalahan yang tidak disadari. Tidak ada salahnya melatih diri memberikan jawaban dari kemungkinan pertanyaan dari resume kamu, namun tidak semua interviewer itu sama. Beberapa dari mereka malah menanyakan di luar resume dan menguji pengetahuan kamu soal posisi yang dilamar. Solusinya, selain terpaku resume, kamu juga perlu banyak riset terkait posisi yang kamu lamar.

Mengajukan Pertanyaan

Beberapa tips wawancara kerja merekomendasikan kamu memikirkan pertanyaan yang akan kamu ajukan saat wawancara nanti. Namun, terlalu fokus pada hal ini kadangkala malah menjadi kesalahan, apabila interviewer kamu malah memberikan jawaban yang belum sempat kamu ajukan saat sesi percakapan. Menanyakannya ulang menunjukkan bahwa kamu tidak memperhatikan sesi percakapan tersebut. Solusinya, jangan terpaku pada pertanyaan yang dibuat semalam. Namun, cobalah dengarkan apa yang interviewer katakan, dan improvisasilah.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x