Image

5 Jawaban Ampuh Atasi Wawancara Kerja

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JIKA saat ini Anda kerap kesulitan mendapatkan pekerjaan/lowongan kerja dan selalu merasa tidak siap saat wawancara pekerjaan tiba, artikel berikut ini bisa membantu Anda menghadapi waktu wawancara pekerjaan. Jawaban yang tepat bisa memperbesar kemungkinan Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda?

Ketika ditanya tentang mengapa Anda pindah, tetap fokus dengan fakta-fakta yang ada, langsung dan fokus jawaban wawancara Anda di masa depan, terutama jika alasan meninggalkan pekerjaan sebelumnya bukanlah pengalaman yang baik. Berikan jawaban terbaik dengan harapan dan impian karier Anda di masa mendatang, dan bagaimana pengalaman serta kemampuan Anda saat ini bisa membantu perusahaan degan kontribusi yang akan Anda berikan.

Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?

 

Pertanyaan ini memberikan Anda kesempatan untuk menunjukkan kepada pewawancara apa yang Anda ketahui tentang pekerjaan dan perusahaan. Berikan jawaban yang spesifik tentang apa yang membuat Anda cocok untuk posisi terkait, dan sebutkan aspek dari perusahaan dan posisi yang menarik bagi Anda. Sesuaikan jawaban ini dengan keadaan khusus Anda dan pekerjaan yang Anda lamar.

Contoh jawaban yang bisa diberikan adalah, "Ini bukan hanya kesempatan yang baik, tetapi perusahaan ini adalah tempat dimana kualifikasi saya bisa membuat perbedaan."

Bagaimana Anda menangani stres dan tekanan?

 

Apa yang Anda lakukan ketika sesuatu tidak berjalan lancar di tempat kerja? Cara terbaik untuk menanggapi pertanyaan ini adalah untuk memberikan contoh bagaimana Anda menangani stres di pekerjaan sebelumnya. Dengan cara itu, pewawancara bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang seberapa baik Anda bekerja dalam situasi stres.

Hindari menyebutkan saat ketika Anda menempatkan diri dalam situasi stres menghadapi tekanan. Misalnya, tidak berbagi cerita saat ketika Anda sedang stres karena Anda menunda-nunda dan harus menyelesaikan proyek dengan cepat.

Jelaskan pekerjaan yang sulit dan bagaimana Anda mengatasinya?

Pewawancara ingin tahu apa yang Anda lakukan ketika Anda menghadapi keputusan yang sulit. Seperti pertanyaan tentang stres, bersiaplah untuk berbagi contoh dari apa yang Anda lakukan dalam situasi yang sulit. Ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan ini berikan satu atau dua contoh konkret dari situasi sulit Anda hadapi di tempat kerja. Kemudian diskusikan keputusan apa yang Anda harus lakukan untuk memperbaiki situasi tersebut. Anda ingin tampil percaya diri dan mampu membuat keputusan besar. Hindari contoh yang membuat Anda tampak ragu-ragu atau tidak pasti.

Apa tujuan Anda untuk masa depan?

Pertanyaan ini dirancang untuk mengetahui apakah Anda akan tetap bekerja di perusahaan atau pindah segera setelah Anda menemukan kesempatan yang lebih baik. Contoh respon yang baik adalah, "Tujuan jangka panjang saya melibatkan tumbuh dengan perusahaan di mana saya bisa terus belajar dan berkontribusi sebanyak mungkin yang saya bisa.

(sus)
Live Streaming
Logo