Image

Kurangi Kecelakaan Kerja, Mahasiswa Ciptakan Robot Pengecat Gedung Tinggi

Foto: Dok UGM

Foto: Dok UGM

JAKARTA - Inovasi di bidang teknologi yang diciptakan untuk mengurangi beban kerja manusia terus dikembangkan. Apalagi bila beban kerja itu berpotensi dan kerap menimbulkan kecelakaan kerja.

Seperti inovasi yang kini tengah dikembangkan oleh lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Yakni sebuah robot pengecat luar gedung bertingkat. Kelimanya antara lain Arifandhi Nur, Habib Astari, Pa’at Wahyu, Imroatul Mufidah, dan Istria Rimba.

"Robot ini bisa menggantikan kinerja manusia dan meminimalisir angka kecelakaan kerja," jelas Arifandhi seperti dilansir dari laman UGM, Senin (19/6/2017).

Pasalnya, berdasarkan data tahun 2016 yang dipaparkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tercatat telah terjadi 101.367 kasus kecelakaan kerja dan menyebabkan 2.382 orang meninggal.

Arifandhi menjelaskan, cara kerja robot ini yakni dengan menginput luasan bidang pengecatan dan warna cat. Usai itu, sensor kamera akan menangkap gambar tembok yang akan dicat dan menyemprotkan cat di bidang tersebut. Setelah selesai, robot itu akan melakukan scanning untuk mengecek kualitas pengecatan.

Kelima mahasiswa UGM itu berharap, robotnya bisa diimplementasikan di lapangan dan menekan angka kecelakaan kerja khususnya di bidang konstruksi.

(sus)
Live Streaming
Logo