Image

9% Calon Mahasiswa UNS Tak Registrasi, Sekolah Kena Sanksi

Foto: Dok Okezone

Foto: Dok Okezone

SOLO - Sebanyak 9% calon mahasiswa baru di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang lolos SBMPTN 2017 tak melakukan registrasi.

Kursi kosong calon mahasiswa tersebut otomatis diisi peserta yang dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Lokal (Panlok) 44 (UNS) Solo, Sutarno, seperti dilansir dari Harian Jogja, Minggu (18/6/2017).

“Rata-rata yang tidak melakukan registrasi untuk SBMPTN setiap tahun memang berkisar 10% dari jumlah yang diterima. Untuk tahun ini 8% sampai 9%,” kata Sutarno.

Pada tahun ini ada sanksi berupa surat peringatan kepada pihak sekolah asal siswa yang tidak melakukan registrasi. Sementara itu, jumlah peserta SBMPTN 2017 yang dinyatakan diterima di UNS sebanyak 3.351 orang. Jumlah tersebut naik dibandingkan tahun lalu.

“Pada 2016 hanya 3.065 calon mahasiswa,” terangnya.

Jumlah tersebut merupakan kuota asli jalur SBMPTN 2017 sebanyak 50 persen dari kuota total atau sekira 3.100 mahasiswa ditambah kursi kosong dari jalur SNMPTN yang tidak terisi karena peserta tidak mendaftar ulang.

Pendaftar SBMPTN yang memilih UNS secara total sebanyak 25.029 orang. Dilihat dari jumlah pendaftar dengan yang diterima, angka keketatan UNS terbilang cukup tinggi, terutama untuk program studi (prodi) favorit.

Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017, Ravik Karsidi, mengatakan, UNS berada pada peringkat kesembilan baik untuk prodi eksakta maupun noneksakta dalam pemeringkatan nilai SBMPTN yang diterima di kampus tersebut.

Bagi calon mahasiswa yang diterima di UNS diminta mengikuti prosedur berikutnya sesuai pengumuman di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Khusus calon peserta yang telah diterima melalui SBMPTN 2107 diharapkan segera mendaftar ulang sekaligus melengkapi berkas-berkas daftar ulang secara online maupun on desk. Mereka juga diimbau tidak mendaftar di jalur Seleksi Mandiri atau alternatif terakhir untuk diterima di UNS.

Sutarno menambahkan peserta yang belum lolos SNMPTN maupun SBMPTN bisa mengikuti Seleksi Mandiri. “Kami mengimbau mereka yang lolos seleksi baik jalur SNMPTN maupun SBMPTN jangan ikut lagi agar tak memperkecil peluang,” ujar dia. Untuk seleksi mandiri, UNS tidak akan melakukan tes tertulis lagi. Proses seleksi berdasarkan nilai SBMPTN.

(sus)
Live Streaming
Logo