Image

19 Siswa SMA Ikut Olimpiade Sains Internasional

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Sebanyak 19 siswa Indonesia mengikuti olimpiade sains tingkat internasional yang terdiri dari bidang pelajaran matematika, kimia, fisika dan biologi yang akan diselenggarakan di sejumlah negara berbeda.

"Saya minta kepada semuanya harus emas yang ditarget. Tidak ada yang lain kecuali emas, jangan menargetkan yang rendah," kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhamad di Jakarta, baru-baru ini.

Hamid mengingatkan kepada para peserta lomba untuk menyiapkan segala hal mulai dari persiapan substantif dari bidang pelajaran yang dilombakan, persiapan mental, hingga menjaga kondisi tubuh untuk menghindari gangguan dalam berkonsentrasi.

Tim olimpiade matematika Indonesia akan mengikuti Olimpiadi Matematika Internasional (IMO) yang ke-58 di Rio de Janeiro Brasil pada 12-23 Juli 2017. Keenam siswa tersebut berasal dari SMA Santa Laurensia dan SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan, SMAN 3 Bandung, SMAK Petra 1 Surabaya, SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang dan SMA Taruna Nusantara Magelang.

Sementara tim olimpiade fisika akan mengirimkan lima siswa dari SMAN 48 Jakarta, SMA Kharisma Bangsa dan SMAK BPK Penabur Serpong Tangerang Selatan, SMA IT AL Binaa IBS Bekasi, Dan SMAN MH Thamrin Jakarta Timur untuk mengikuti Olimpiade Fisika Internasional (IPhO) ke-48 di Yogyakarta mulai 16 hingga 24 Juli 2017.

Tim olimpiade kimia Indonesia akan dikirim ke Olimpiade Kimia Internasional (IChO) ke-49 pada 6 Juli hingga 12 Juli di Bangkok, Thailand dengan empat siswa yang berasal dari SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan, SMAN 1 Tahunan Jawa Tengah, SMAN 8 Pekanbaru Riau dan SMAK BPK Penabur Gading Serpong.

Selanjutnya, tim biologi akan mengirimkan empat siswa dari SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan, SMAK BPK Penabur Kelapa Gading Jakarta dan dua siswa-siswi dari SMA Semesta BBS Semarang Jawa Tengah yang akan mengikuti Olimpiade Biologi Internasional (IBO) 2017 pada 23-30 Juli di University of Warwick Inggris.

Hamid berharap seluruh peserta asal Indonesia bisa meraih prestasi internasional agar bisa melanjutkan jenjang pendidikan di universitas kelas dunia.

(sus)
Live Streaming
Logo