nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pulang dari Korut, Dennis Rodman: Perjalanan yang Menyenangkan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 17 Juni 2017 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 17 18 1718668 pulang-dari-korut-dennis-rodman-perjalanan-yang-menyenangkan-BeVPwbZXLy.jpg Dennis Rodman dikerubungi awak media setibanya di Beijing (Foto: Thomas Peter/Reuters)

BEIJING – Mantan pebasket Amerika Serikat (AS), Dennis Rodman, sudah tiba di Beijing, China, siang waktu setempat. Pria berusia 56 tahun itu baru saja kembali dari Korea Utara (Korut). Ia mengatakan perjalanan lima hari ke negara serba-tertutup itu sangat baik.

“Semua orang akan bahagia. Hari yang sangat baik. Perjalanan yang menyenangkan, sangat menyenangkan,” ujar Dennis Rodman, seperti dimuat Reuters, Sabtu (17/6/2017).

Mengenakan kaus berwarna hitam, Dennis Rodman dicegat awak media di Terminal Kedatangan Bandara Internasional Beijing. Ia sempat menghindari sejumlah pertanyaan dari wartawan, terutama apakah dirinya bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un.

“Anda akan tahu nanti,” ucap Rodman singkat. Mantan pebasket Chicago Bulls itu juga menepis pendapat bahwa dirinya berperan dalam pembebasan Otto Warmbier, mahasiswa AS yang dibebaskan Korut tepat saat dirinya hendak menginjakkan kaki di Pyongyang.

Kunjungan Dennis Rodman sempat memicu spekulasi bahwa ia dapat memfasilitasi hubungan diplomatik antara Korut dengan AS. Sebagaimana diketahui, pria berjuluk si cacing itu memiliki hubungan cukup dekat dengan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un. Namun, Kementerian Luar Negeri AS menyatakan Rodman berkunjung sebagai private citizen.

Pria yang dikenal nyentrik itu sudah beberapa kali mengunjungi Korut, yaitu pada 2013 dan 2014. Dalam dua kunjungan tersebut, Dennis Rodman memainkan pertandingan bola basket serta melakukan pengambilan gambar film dokumenter berjudul ‘Big Bang in Pyongyang’.

Pada kunjungan kali ini, Dennis Rodman juga sempat menyaksikan atlet basket Korut serta bertemu atlet judo peraih medali emas Olimpiade An Kum-ae. Kepada Menteri Olahraga Kim Il-guk, Rodman menitipkan hadiah berupa sebuah buku karangan Donald Trump, sebuah buku anak-anak, sekotak puzzle, dua batang sabun, dan dua buah jersey yang sudah ditandatangani.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini