nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Orang Tewas dalam Ledakan Bom di Pusat Perbelanjaan Kolombia

Silviana Dharma, Jurnalis · Minggu 18 Juni 2017 13:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 18 18 1719117 tiga-orang-tewas-dalam-ledakan-bom-di-pusat-perbelanjaan-kolombia-IiZAvtHnP9.jpg Bom meledak di suatu mal di Bogota, Kolombia. (Foto: Jaime Saldarriaga/Reuters)

BOGOTA – Ledakan bom memporak-porandakan sebuah pusat perbelanjaan di Bogota, Kolombia pada Sabtu 17 Juni 2017 waktu setempat. Otoritas melaporkan tiga orang meninggal dalam insiden tersebut. Seorang meninggal di lokasi kejadian, dua lagi dalam perjalanan ke rumah sakit.

Salah satu korban tewas teridentifikasi sebagai Julie Huynh, perempuan, berusia 23 tahun dan memegang paspor Prancis. Dia menetap di Kolombia selama enam bulan terakhir dalam rangka menjadi sukarelawan di sebuah sekolah di lingkungan miskin. Sedikitnya sembilan orang juga dilaporkan terluka akibat ledakan itu.

“Bom itu adalah tindakan pengecut dari teroris,” tukas Wali Kota Bogota, Enrique Penalosa, seperti dikutip dari NBC News, Minggu (18/6/2017).

Ia menuding pelakunya adalah National Liberation Army, kelompok pemberontak terakhir yang masih eksis di Kolombia sampai saat ini. Kelompok ini juga dikenal dengan nama ELN. Serangan sebelum ini di Bogota adalah ulah mereka, tetapi dalam serangan terbaru ini, para petingginya membantah itu bagian dari aksi pemberontakan kelompoknya.

“Kami meminta keseriusan dari orang-orang yang membuat tuduhan tidak berdasar dan ceroboh ini. Ini jelas cara orang-orang itu mencoba mengoyak proses perdamaian,” tandas negosiator ELN di perundingan damai di Ekuador, lewat Twitter.

Polisi sejauh ini masih menyelidiki bahan peledak yang menyebabkan kerusakan besar di mal tersebut dan belum menemukan indikasi aksi terorisme. Sementara itu, mobil ambulans dan petugas pemadam kebakaran masih berseliweran di lokasi kejadian. Memadamkan api, juga mengangkut korban ke rumah sakit.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini