Image

Dua Dekade dalam Tangki, Lobster Berusia 132 Tahun Akhirnya Dibebaskan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin, 19 Juni 2017 - 05:31 WIB
Pemilik Louie, Butch Yamali. (Foto: Facebook/Peter's Clam Bar) Pemilik Louie, Butch Yamali. (Foto: Facebook/Peter's Clam Bar)

NEW YORK – Setelah berada di dalam tangki sebuah restoran selama 20 tahun terakhir, seekor lobster yang diyakini berusia sekira 132 tahun akhirnya dibebaskan ke alam liar. Krustasea bernama Louie itu dilepaskan atas kerjasama dari Kota Hempstead, New York dan restoran Peter’s Clam Bar dalam rangka memperingati Bulan Lobster Nasional.

Pelepasan Louie disaksikan pengawas kota Anthony J. Santino yang mendokumentasikan peristiwa tersebut.

“Hari Lobster Nasional kali ini kami melepaskan lobster seberat hampir 10 kilogram, Louie yang berusia 132 tahun, lobster dari Peter’s Clam Bar sehingga dia bisa kembali hidup di laut,” tulis Anthony dalam akun Facebooknya sebagaimana dilansir Mashable, Senin (19/6/2017).  

Berdasarkan laporan New York Post, Louie telah menjadi semacam hewan peliharaan bagi pemilik Peter’s Clam Bar, Butch Yamali yang membeli restoran itu empat tahun lalu. Butch menceritakan, salah satu pelanggannya pernah mencoba menawar untuk membeli Luoie seharga USD1.000 atau sekira Rp13 juta, namun dia menolak menjualnya.

"Dia mencoba bernegosiasi dengan saya. Dia berkata, 'Saya ingin membawanya pulang untuk hidangan makan di Hari Ayah'. Tapi saya tidak ingin menjualnya. Louie seperti hewan peliharaan saya sekarang, saya tidak bisa menjualnya, " kata Butch kepada New York Post.

Ada kekhawatiran apakah setelah sekian lama berada di dalam tangki Louie akan dapat hidup di bawah laut. Namun, Direktur Eksekutif Institut Lobster di Maine, Bob Bayer mengatakan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Dia akan baik-baik saja. Tidak banyak pemangsa yang ingin makan lobster tua besar seperti itu. Mudah-mudahan dia menemukan pasangan - dan hidup bahagia selamanya," ujar Bayer

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming