Image

Tewas Ditabrak, Bayi Gajah Dibiarkan Tergeletak di Pinggir Jalan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin, 19 Juni 2017 - 21:06 WIB
Ilsutrasi gajah (Foto: AFP) Ilsutrasi gajah (Foto: AFP)

GERIK – Bayi gajah berusia dua tahun ditemukan tewas bersimbah darah di pinggir jalan tol yang menghubungkan Gerik-Jeli di Gerik, Malaysia. Direktur Taman Nasional dan Margasatwa Negara Bagian Perak, Loo Kean Seong mengatakan, mayat bayi gajah itu ditemukan pada Jumat 16 Juni pagi waktu setempat.

“Kendati insiden semacam ini tidak sering terjadi, kami mengimbau pengendara agar lebih berhati-hati saat melintasi jalan tol tersebut,” ujar Loo Kean Seong, seperti dimuat The Star, Senin (19/6/2017).

“Kami sudah memberi rambu lalu lintas untuk mengingatkan pengendara bahwa ada gajah yang menyeberang di jalan tol tersebut. Saya harap mereka (pengendara) lebih berhati-hati dan bertanggung jawab, terutama ketika mereka melintas pada tengah malam atau dini hari,” sambung Loo.

Ia juga mengimbau agar pengendara di seluruh Malaysia melapor kepada cabang Taman Nasional dan Margasatwa jika menabrak spesies hewan buas atau dilindungi seperti gajah, harimau, tapir, dan macan tutul. Hal itu dimaksudkan agar otoritas bisa segera menyelidiki kecelakaan serta menguburkan hewan tersebut agar tidak membusuk di pinggir jalan.

Sementara itu, Pendiri Ecotourism dan Masyarakat Konservasi Malaysia, Andrew Sebastian mengatakan, ruas jalan tersebut seharusnya dinyatakan sebagai jalur pusaka dengan potensi wisata lingkungan hidup yang tinggi.

“Hal ini untuk menghindari kecelakaan dan juga menunjukkan kesopanan, rasa hormat, dan kepatuhan terhadap undang-undang satwa liar yang dimaksudkan untuk melindungi hewan-hewan tersebut,” tukas Andrew Sebastian.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming