Image

RUU Pemilu Belum Disahkan, Persiapan Pilkada Serentak 2018 Jangan Sampai Terganggu

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin, 19 Juni 2017 - 17:13 WIB
Konferensi pers di Media Center KPU (Fakhri/Okezone) Konferensi pers di Media Center KPU (Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Koalisi Masyarakat Sipil Kawal RUU Pemilu beraudiensi dengan ‎Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan persiapan Pilkada Serentak 2018 berjalan lancar, tidak terganggu dengan belum rampungnya pembahasan Revisi Undang-Undang (RUU) Pemilu.

‎Dalam pertemuan tertutup bersama pimpinan dan para anggota KPU, mereka meminta KPU menggunakan regulasi lama jika yang baru belum disahkan parlemen. Dengan demikian jalannya tahapan pilkada di 171 daerah tahun depan tak terganggu.

"Pembahasan RUU (Pemilu) belum selesai di DPR. UU (Pemilu) yang lama masih berlaku, KPU tetap melakukan proses itu semua. Misalnya proses penetapan atau yang lain itu yang kita minta sama KPU," kata Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (Kornas JPPR) Sunanto di Media Center KPU RI, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Sunanto menjelaskan, KPU juga harus segera merampungkan daftar pemilih di pilkada serentak 2018. "KPU memberikan keyakinan bahwa KPU akan melaksanakan proses Pilkada Serentak 2018 tetap berjalan tanpa harus keluar dari tata laksana. Dan desakan kami pemilihan umum tetap menjadi harapan proses Pemilu 2019," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming