Image

Antisipasi Kemacetan Arus Mudik di Jalan Tol, Polisi Akan Berlakukan Pintu Tambahan

Dara Purnama, Jurnalis · Selasa, 20 Juni 2017 - 06:36 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memetakan sejumlah titik rawan macet saat arus mudik dan arus balik hari raya Lebaran 2017. Titik rawan kemacetan itu rata-rata di pintu masuk atau keluar tol yang ada di Pulau Jawa.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan di sejumlah pintu keluar tol tersebut, maka akan diberlakukan pintu tambahan.

"Gate nya ditambah, diperlebar, penambahan dari normal bisa tambah 4 hingga 5 untuk semua tol yang rawan macet," kata Royke ketika dikonfirmasi Okezone, Selasa (20/6/2017).

Adapun pintu tol yang rawan macet ke arah Pulau Jawa seperti Cikarang Utama, Gate Palimanan, Brebes Timur Exit, Brebes Barat Exit, Pemalang Exit, Gringsing Exit. Khusus untuk jalur sepeda motor, kata mantan Kapolda Papua Barat ini yang rawan macet adalah daerah Kalimalang. Pejagan sampai ke Prupuk juga menjadi daerah atensi rawan macet oleh kepolisian.

"Kalau yang ke arah Selatan itu di Nagreg, Tasik, pintu tol Manyaran Semarang," katanya.

Sementara, untuk ke arah Sumatera, Royke memprediksi relatif aman. Hanya saja antrian di Pelabuhan Merak Cilegon Banten dan antrian di Pelabuhan Gilimanuk tetap menjadi perhatian. "Antrian Merak untuk arus mudik, Gilimanuk untuk arus balik," tukasnya. (aky)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming