Image

Catat! Ini Rute Jalur Mudik di Kalimalang Jakarta Timur

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin, 19 Juni 2017 - 16:03 WIB
Ruas Jalan di Kalimalang (dok. Antara) Ruas Jalan di Kalimalang (dok. Antara)

JAKARTA - Polisi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Timur menyiapkan rute alternatif untuk pemudik motor yang melewati jalur Kalimalang Jakarta Timur. Hal tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan di ruas utama Jalan Kalimalang.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Sutimin menjelaskan untuk arus kendaraan dari arah barat lewat Jalan MT. Haryono dan Depok bisa melewati Cawang masuk dari Jalan DI. Panjaitan lurus sampai lampu merah Halim, dan terus lurus menuju Kebon Nanas lalu ke arah Prumpung kemudian menaiki jembatan Jatinegara sampai lampu merah Rawamangun.

Kemudian, menuju Utan Kayu sampai lampu merah Coca Cola, setelah itu berbelok kanan ke arah Jalan Perintis Kemerdekaan sampai lampu merah Kelapa Gading menuju ke arah Terminal Pulogadung.

Setelah itu, menuju ke Jalan Sultan Hamengkubowono sampai lampu merah Pupar, lurus menuju Jalan Raya Bekasi sampai Pasar Cakung dan menuju kawasan Cakung-Cilincing (Cacing).

"Selanjutnya sampai wilayah Bekasi akan mengikuti rute yang disediakan pihak Bekasi," kata Sutimin kepada Okezone, Jakarta, Minggu (18/6/2017).

Rute alternatif itu disediakan, lantaran pada Jalur Kalimalang lama sedang dilaksanakan pembangunan proyek Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu). Sehingga, memakan sejumlah ruas jalan, dan kerap alat berat berwara-wiri. Sebab itu, kepadatan diprediksi akan bertambah.

"Potensi kemacetan ada di lampu merah Cawang, pos Halim lama, Universitas Borobudur, lampu merah Pangkalan Jati dan lampu merah Raden Inten," jelas Sutimin.

Sutimin juga mengungkapkan di rute Kalimalang dan jalur alternatif, pihaknya telah menyediakan empat mobil patroli, mobil derek, ambulance dan lima motor patroli untuk bersiaga.

"Kami siap siaga selama 1x24 jam untuk mengamankan jalur mudik di Kalimalang. Persiapan ini merupakan hasil evaluasi pada saat arus mudik tahun 2016 lalu," tutup Sutimin.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming