Image

Jalan Tol Solo-Kertosono Resmi Dioperasionalkan untuk Pemudik

Bramantyo, Jurnalis · Senin, 19 Juni 2017 - 19:13 WIB
Tol Solo-Kertosono (dok. Antara) Tol Solo-Kertosono (dok. Antara)

KARANGANYAR - Jalur mudik alternatif melalui pintu tol masuk Ngasem-Colomadu (pos terpadu Karsuli) dari arah Semarang, Salatiga dan pintu tol masuk Klodran-Colomadu dari arah Yogjyakarta resmi dioperasionalkan pada pukul 10.30 WIB.

Jalur tol resmi dibuka bagi para pemudik dari arah Semarang-Salatiga dan dikawal oleh unit Satlantas Polres Karanganyar dan dilapis oleh mobil patroli PT SNJ yang memberikan sosialisasi terkait kecepatan kendaraan dan masih minimnya rambu lalu lintas yang masih sangat minim.

Imbauan juga ditujukan pada masyarakat sekitar yang akan melintas (menyeberang) karena overpass belum di bangun.

"Start awal dibukanya jalur tol alternatif sebanyak 30 unit mobil pemudik mulai memasuki jalur tol Ngasem dengan pengawalan petugas patroli," jelas Kapolres Karangnyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, Senin (19/6/2017).

Sementara itu, Direktur SNJ David Wijayanto menyampaikan jalan tol Solo-Kertosono khususnya ruas Solo-Ngawi siap difungsikan sebagai jalur alternatif mudik dan balik lebaran 2017 sepanjang 65 kilometer dari total panjang tol yakni 90 km.

Jalur alternatif ini akan di buka satu arah untuk arus mudik lebaran dari arah barat menuju timur mulai hari ini hingga 26 Juni 2017. Begitu pula sebaliknya untuk arus balik juga di buka satu arah dari timur menuju barat pada Selasa 27 Juni hingga Minggu 2 Juli 2017.

David juga sampaikan mengingat kondisi tol yang belum sepenuhnya jadi pemudik diharapkan lebih berhati-hati dalam berkendara. Rambu masih minim dan belum ada penerangan jalan. "Untuk itu jam buka jalur alternatif terbatas dari pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB," terang David.

Selain itu, untuk memberi kenyamanan di jalur alternatif PT SNJ sebagai pengelola juga menyiapkan fasilitas pendukung seperti rest area, petugas patroli, toilet, mushola, kendaraan derek juga ambulans.

"Ada lima titik rest area, dan khusus rest area KM 21 disediakan juga kios BBM dari Pertamina. Selain itu juga disiagakan juga mobil pembawa BBM kemasan yang akan berkeliling agar kejadian di tol Brexit tidak terulang kembali," pungkas David.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming