Image

Tujuh Juta Warga Jabar Disebut Tak Suka Pancasila, Ini Komentar Kang Dedi

Mulyana, Jurnalis · Senin 19 Juni 2017, 22:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 19 525 1720290 tujuh-juta-warga-jabar-disebut-tak-suka-pancasila-ini-komentar-kang-dedi-HhdemEgeis.jpg

PURWAKARTA - Kang Dedi Mulyadi mengernyitkan dahi. Ketua DPD Partai Golkar Jabar itu dibuat heran dengan data dari salah satu lembaga survei yang menyatakan tujuh juta warga Jabar menolak Pancasila sebagai dasar negara.

"Saya meragukan keabsahan‎ data tersebut. Saya meyakini jika warga Jabar itu mayoritas adalah pendukung Pancasila," ujae Dedi saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Senin (19/6/2017).

Dedi mengklaim tahu persis soal kondisi sebagian besar‎ warga Jabar. Apalagi, selama ini ia kerap berkeliling ke berbagai daerah. Menurutnya, warga Jabar itu ramah, toleran, bahkan sering mengalah dikampungnya sendiri.‎ Itu, kata dia, merupakan salah satu ciri jika masyarakat Jabar itu Pancasilais.

‎"Saya katakan, warga Jabar itu sangat toleran dan Pancasilais. Yang intoleran itu bukan orang Jawa barat, kalau silent mayority iya. Jadi ciri orang Jawa Barat mah banyak diam dengan keramahannya," jelas dia.

Makanya, Kang Dedi tidak sepakat kalau ada lembaga survei yang menyebutkan, tujuh juta jiwa atau 7,4 persen warga Jabar menolak Pancasila. Menurutnya, itu hasil surveinya merujuk pada random apa.

"Karakteristik warga Jabar itu sangat kekeluargaan. Sifat gotong royong, tolong menolongnya tinggi dan sangat baik terhadap sesama.‎ Kalau benar ada warga Jabar anti Pancasila, sebutkan di mana dan siapa saja?," ujarnya.

Dedi beranggapan, pernyataan tersebut sangat menyinggung dan upaya mendeskreditkan warga Jawa Barat. Pihaknya mengira, pernyataan ini malah cenderung membangun stigma negatif untuk warga yang mayoritas masyarakat Sunda ini.‎

(hrj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini