Image

Ada-Ada Saja, Mahasiswa Sulap Kulit Bawang Jadi Permen Karet

Foto: Dok UGM

Foto: Dok UGM

JAKARTA - Bawang merah umumnya dijadikan sebagai bahan masakan. Namun apa jadinya bila bagian dari bawang merah disulap menjadi permen karet? Ya, itulah yang dilakukan sekelompok mahasiswa di Yogyakarta. Membuat permen karet dari kulit bawang merah.

Mereka adalah Sofia Maulida, Derana Widyastika, Irma Prasety, Lely Sinty, dan Rizqi Dinni Fauzia. Kelimanya tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Farmasi di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kulit bawang merah yang biasanya disingkirkan, malah diolah jadi permen karet bernama Alice Wonder Gum. "Selama ini kulit bawang merah masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Padahal, di dalamnya terkandung senyawa-senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan," jelas Sofia seperti dilansir dari laman UGM, Selasa (20/6/2017).

Senyawa yang dimaksud, lanjut Sofia, yakni flavonoid dan fenol yang mengandung bahan antibakteri. "Senyawa itu dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme dalam rongga mulut yang menyebabkan penyakit di gigi dan mulut seperti karies," imbuhnya.

Sementara ide permen karet muncul disebabkan permen tersebut mampu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan meningkatkan produksi aliran liur yang berfungsi sebagai pembilas rongga mulut dan antibakteri.

Dibuat dari ekstrak kulit bawang merah, Alice Wonder Gum tetap terasa manis. Alasannya, kata Sofia, produksi permen karet bikinan timnya tersebut ditambahkan bahan lain sehingga menyamarkan rasa bawang merah di lidah.

(sus)
Live Streaming
Logo